Berita Tanahlaut

Hari Peduli Sampah Nasional, Bupati Sukamta, PLN dan BKSDA Kalsel Bersihkan Pantai Batakan

BKSDA Kalsel juga akan membenahi TWA Pelaihari Pantai Batakan untuk lebih bersih dengan menambah jumlah tempat sampah.

Hari Peduli Sampah Nasional, Bupati Sukamta, PLN dan BKSDA Kalsel Bersihkan Pantai Batakan
banjarmasinpost.co.id/milna
PLN bersama Bupati Tanahlaut dan BKSDA kalsel membersihkan sampah di TWA Pelaihari, Senin (4/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Tanpa ragu puluhan masyarakat peduli sampah bersama Kepala BKSDA Tanahlaut, Mahrus Aryadi, Bupati Tanahlaut, H Sukamta dan Manager PLN UPK Asamasam, Doni Ocniza turun memungut sampah di Taman Wisata Alam Pelaihari Pantai Batakan, Senin (4/3/2019) dalam peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN).

Menurut Kepala BKSDA Kalsel, Mahrus Aryadi, memang sengaja dipilih TWA Pelaihari dalam peringatan HPSN karena Pantai Batakan tampak masih stagnan dalam pengelolaan sehingga mereka menginisiasi sejak 2018 lalu ada kegiatan pembersihan pantai.

"Nanti minimal setiap sebulan sekali ada kegiatan bersih-bersih pantai bersama kelompok sadar wisata konservasi," terang Mahrus kepada Banjarmasinpost.co.id.

Setidaknya harapannya kegiatan bersih-bersih pantai dapat menyadarkan masyarakat akan sampah plastik yang harus dikurangi di pantai. Terlebih di pantai ada sampah dari laut dan sampah dari pengunjung pantai.

Baca: Polisi Sebut Wasekjen Partai Demokrat Positif Pakai Sabu, Tegaskan Andi Ditangkap Sendirian

Tambahnya nantinya BKSDA Kalsel juga akan membenahi TWA Pelaihari Pantai Batakan untuk lebih bersih dengan menambah jumlah tempat sampah. Selain itu sampah yang terkumpul juga akan dioleh menjadi barang yang bermanfaat.

"Kita akan bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan sekitar dan pemerintah Kabupaten Tanahlaut dalam pembenahan nanti, seperti hari ini gelaran ini juga didukung beberapa perusahaan," terangnya.

Ya salah satu perusahaan yang mendukung peringatan HPSN yang digelar di TWA Pelaihari Pantai Batakan adalah PLN UPK Asamasam. Terang Manager PLN UPK Asamasam, Doni Ocniza selama ini PLN UPK Asamasam selalu berkontribusi dalam kegiatan lingkungan. Terlebih sebagai badan usaha milik negara tambahnya pihaknya juga harus ikut andil dalam program peduli lingkungan.

"Salah satu visi misi kami yaitu turut serta menjaga kelestarian lingkungan," ujarnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Turut serta dalam HPSN ini tambah Doni sudah kedua kali dilakukan PLN UPK Asamasam. Selanjutnya tambahnya PLN UPK Asamasam juga siap untuk mendukung pengolahan sampah plastik menjadi barang bermanfaat dari sampah TWA Pelaihari.

Baca: Hasil Arema FC vs Barito Putera Live Indosiar : Skor Sementara 1-2, Gol Evan Dimas di Piala Presiden

Selama ini terangnya PLN UPK Asamasam juga sudah peduli lingkungan dengan mengurangi penggunaan plastik dengan menerapkan tak adanya penggunaan air mineral botol dan gelas. Karyawan diwajibkan selalu membawa tumbler untuk minum.

Sementara dalam gelar peringatan HPSN kali itu dibuka langsung oleh Bupati Tanahlaut H Sukamta. Terangnya TWA Pelaihari Pantai Batakan memang layak menjadi lokasi bersih-bersih pantai karena merupakan pantai yang belum dibenahi layaknya Pantai Takisung.
(Banjarmasinpost.co.id/Milna)

Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved