Berita Tanahbumbu

Warga Sebamban Lama Kesulitan Air Bersih, Arsani Berharap Ada Solusi Pemerintah

esulitan air bersih dialami warga Kecamatan Sungai Loban, khususnya desa Sebamban Lama, Kabupaten Tanahbumbu masih terjadi.

Warga Sebamban Lama Kesulitan Air Bersih, Arsani Berharap Ada Solusi Pemerintah
banjarmasinpost.co.id/helriansyah
Warga desa Sebamban Lama, Sungai Loban, Tanahbumbu cukup lama kesulitan air bersih. Selama ini hanya mengandalkan sumur dan sungai untuk keperluan sehari-hari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Kesulitan air bersih dialami warga Kecamatan Sungai Loban, khususnya desa Sebamban Lama, Kabupaten Tanahbumbu masih terjadi. Ironis kesulitan memperoleh air bersih dialami warga cukup lama sekitar belasan tahun.

Memenuhi kebutuhan air bersih warga hanya mengandalkan sumur untuk keperluan konsumsi sehari-hari, bahkan ada sebagian terpaksa merogoh kocek puluhan ribu untuk membeli air tandon.

Kecuali keperluan mandi, cuci dan kakus (MCK) sebagian warga yang masih menggunakan air sungai. Itu pun kebanyakan mereka yang tinggal dekat dengan bantaran sungai Sebamban.

"Sekarang sudah jarang menggunakan air sungai. Setelah ada kegiatan perusahaan. Pakai air sumur saja," kata Arsani ditemui banjarmasinpost.co.id, Senin (4/3/2019).

Baca: WhatsApp Palsu Profesor di ULM dan Kepala Dinas Pendidikan Banjarmasin Minta-minta Uang

Diakui Arsani, penggunaan air sumur tidak mencukupi karena sumur yang dangkal dan minim sumber air.

"Apalagi saat kegiatan acara warga, seperti selamatan. Tidak cukup," ujar Arsani.

Berbeda sebelum ada aktivitas perusahaan di hulu sungai Sebamban, sungai menjadi urat nadi masyarakat.

"Dulu untuk air minum mengambil di sungai. Sekarang mandi badan gatal-gatal. Jadi ya pakai air sumur," ucapnya.

Ditambahkan Arsani, untuk memenuhi kebutuhan warga, selain mengandalkan air sumur. Melalui pemerintah desa, diakuinya ada tersedia air bersih disalurkan ke warga melalui tandon.

"Tapi itu (air tandon) kadang tidak bisa mencukupi juga. Bahkan kadang terjadi keributan sesama warga, karena berebut air," jelas.

Halaman
123
Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved