Berita Banjarmasin

Logistik Pemilu di Kalsel Akan Disalurkan Pakai Mobil Offroad dari IOF, Ini Penjelasan Ketua KPU

Logistik Pemilu di Kalsel Akan Disalurkan Pakai Mobil Offroad dari IOF, Ini Penjelasan Ketua KPU

Logistik Pemilu di Kalsel Akan Disalurkan Pakai Mobil Offroad dari IOF, Ini Penjelasan Ketua KPU
banjarmasinpost.co.id/khairil rahim
Ilustrasi / Rangkaian acara pelantikan Pengurus Daerah Indonesia Offroad Federation (IOF) Kalimantan Selatan 2018-2022 di Kiram Park, Minggu (4/2/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Indonesia Off-road Federation (IOF) Kalimantan Selatan (Kalsel), kembali jajaki kerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel di Tahun 2019.

Seperti tahun sebelumnya, Pengurus Daerah (Pengda) IOF Kalsel menawarkan asistensi untuk proses penyaluran Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) ke daerah terpencil bermedan ekstrim.

Seperti pada Pemilu Kepala Daerah di Kalel Tahun 2018 lalu, mengandalkan mobil-mobil 4x4 berspesifikasi khusus, para Anggota IOF Kalsel dapat permudah dan memperlancar kegiatan penyaluran Logistik Pemilu oleh KPU yang melalui titik yang sulit dilalui kendaraan biasa.

Ketua Pengda IOF Kalsel, Haryadi menjelaskan, pihaknya beserta jajaran Pengurus Cabang (Pengcab) IOF di hampir semua Kabupaten/Kota di Kalsel siap dikerahkan jika KPU membutuhkan bantuan.

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Indosiar Persija Jakarta vs Borneo FC Piala Presiden 2019

"Kami di semua Kabupaten/Kota sudah ada Pengcab, jadi siap jika dipanggil diminta bantuan," kata Haryadi.

Sebagai Organisasi berbasis hobi dan bermisi sosial termasuk kegiatan penyelematan dan pengembangan pariwisata, Haryadi berharap keberadaan IOF di Kalsel bisa terus bermanfaat termasuk dalam membantu KPU salurkan Logistik Pemilu.

Menurut Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Sarmuji, pihaknya tentu kembali akan menyambut baik tawaran asistensi dari Pengda IOF Kalsel ini.

"Selama ini membantu dan memperlancar kegiatan kami tentu kami sambut baik," kata Sarmuji menjelaskan kepada Banjarmasinpost.co.id, Selasa (5/3/2019).

Menurutnya pihaknya juga sangat terbantu dengan asistensi Pengda IOF Kalsel pada Pemilu Kepala Daerah Tahun 2018 khususnya penyaluran Logistik Pemilu di beberapa titik di Kabupaten Tabalong.

"Dulu itu mobil kami kesulitan mencapai lokasi, lalu ditarik menggunakan mobil para Anggota IOF hingga bisa sampai ke tujuan," kata Sarmuji.

Namun Ia menegaskan, pihaknya sesuai tugasnya masih menjadi pihak yang berwenang untuk menyalurkan Logistik dan peran IOF merupakan asistensi tambahan.

Baca: Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek dan Gubenur Kalsel Singgahi Stand Komix Herbal

Proses pendistribusian juga menurut Sarmuji tetap mendapatkan pengawasan dari pihak Kepolisian termasuk pada penyaluran Logistik Pemilu Kepala Daerah Tahun 2018 di Tabalong dikoordinasikan dengan Polres setempat.

Sarmuji mengakui masih ada beberapa titik penyaluran Logistik Pemilu yang harus melewati medan ekstrem dan sulit dilalui.

"Sebagian di Kabupaten Tabalong, Kabupaten Banjar dan sebagian di Kabupaten Hulu Sungai Tengah juga ada," kata Sarmuji.

(banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved