Berita Banjarmasin

NEWS VIDEO : Dinas PUPR Pemko Banjarmasin Pasang Portal di Jembatan Seribu Kuin

NEWS VIDEO : Sering Dilewati Truk Bertonase Besar Dinas PUPR Pemko Banjarmasin Pasang Portal di Jembatan Seribu Kuin

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Jembatan Seribu atau Jembatan Besi Kuin Banjarmasin kini diberi portal oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penata Ruang (PUPR) Kota Banjarmasin atas permintaan dari Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Selasa (5/3/2019). Akibatnya angkutan yang memiliki ketinggian tertentu tidak bisa melintas di jembatan tersebut.

Pemasangan portal tentunya mendapat respon dari pekerja yang setiap hari mengatur lalu lintas di lokasi itu. Terlebih mereka lebih mengetahui aktivitas jembatan dan kondisi jembatan.

Disampaikan oleh satu pekerja yang dikenal sebagai “pak Ogah” (warga yang membantu mengatur lalu lintas di jalanan), kalau jembatan itu memang sudah dalam kondisi retak. Namun mengenai portal, lelaki yang tidak menyebutkan namanya itu tidak berani berkomentar.

Ia hanya menceritakan kalau memang setiap hari angkutan berat selalu melintas di kawasan tersebut. Baik itu truck semen, truck jenis dam bahkan bus pariwisata.

Baca: Hasil Evaluasi Jacksen F Tiago Usai Barito Putera Kalah di Kandang Arema FC di Piala Presiden 2019

Baca: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Kagetkan Penghuni Gedung DPR, Foto Ibu Rafathar Viral Karena Ini

Baca: Geger Nelayan Tanahlaut Tangkap Buaya Muara Sepanjang 2 Meter di Sungai Kintap, Ini Kisahnya

Baca: LIVE INDOSIAR! Link Live Streaming Persija Jakarta vs Borneo FC di Grup D Piala Presiden 2019

Adanya portal yang beridiri setinggi 250 cm itu tentu ujarnya membuat angkutan berat tersebut tidak bisa melintas. Pihaknya pun terpaksa harus mengarahkan angkutan menuju jalur lain, meski harus memutar lebih jauh.

“Sebelumnya yang tidak boleh melintas hanya angkutan barang yang beratnya melebihi 3,5 ton. Sekarang dipasang portal tanpa ada pemberitahuan batas tinggi,” ucapnya.

Paling tidak sebut “Pak Ogah” itu ada rambu-rambu mengenai ketinggian portal, sehingga pihaknya mengetahui mobil atau angkutan apa yang bisa melintas.

Tutur “pak Ogah” lainnya, yakni Juli, ia hanya berharap adanya Petugas Dishub Kota Banjarmasin yang turut menjaga dan mengawasi jembatan tersebut. Karena ujarnya baru beberapa jam berjaga di jembatan itu saja sudah banyak angkutan barang yang menanyakan mengenai portal. Sementara pihaknya tidak ada satupun yang bisa menjelaskan karena merasa bukan hak.

Dari pantauan banjarmasinpost.co.id pasca dipasangnya portal, memang tidak ada lagi angkutan berat yang bisa melintas. Sementara truk, tetap ada truck yang tingginya di bawah 250 cm melewati jembatan tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Banjarmasin, Ichwan Nur Chalik menerangkan perihal pemasangan portal ketinggian di Jembatan Seribu atau Jembatan Besi, Kuin, Banjarmasin, Kalsel, Selasa (5/3/2019).

Halaman
123
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved