Bumi Saijaan

DLH Dukung Sekolah Adiwiyata di Kotabaru

Pemerintah Daerah Kotabaru melaksanakan Rapat Koordinasi Terkait Sekolah Peduli Lingkungan (Adiwiyata) tahun 2019.

DLH Dukung Sekolah Adiwiyata di Kotabaru
banjarmasinpost.co.id/man hidayat
Pemerintah Daerah Kotabaru melaksanakan Rapat Koordinasi Terkait Sekolah Peduli Lingkungan (Adiwiyata) tahun 2019. Rapat dibuka oleh Sekda Kotabaru Said Akhmad, Rabu (6/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KOTABARU - Pemerintah Daerah Kotabaru melaksanakan Rapat Koordinasi Terkait Sekolah Peduli Lingkungan (Adiwiyata) tahun 2019.

Kegiatan itu dipelopori Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan Kabupaten Kotabaru. Pada rapat tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah H Said Akhmad. Kegiatan itu dilaksanakan di Aula Kantor Pemerintahan Kabupten Kotabaru, Selasa (5/3/19).

Said Akhmad juga berharap kepada sekolah dan dinas terkait membantu dalam melaksanakan sekolah adiwiyata di Kabupten Kotabaru.

"Kita ingin menanamankan bagaimana mewujudkan lingkungan yang bersih. Yang harus kita sadari adalah kebersihan sebagian dari iman," katanya kepada peserta rapat koordinasi yang terdiri dari sekolah-sekolah di Kotabaru.

Sebab itu, dirapat koordinasi tersebut, Said Akhmad mengharapkan agar sekolah SD hingga SMA sederajat di Kotabaru bisa meraih adiwiyata. Menurutnya, kebersihan ini penting dan perlu disosialisasikan kepada anak-anak untuk generasi kedepan. Namun bukan sekedar untuk lomba untuk mendapatkan penghargaan, tidak. Tetapi itu memang harus dicapai untuk kebersihan lingkungan untuk diri sendiri.

"Tapi kalau tujuannya cuma untuk lomba untuk pencitraan, setelah itu kembali lagi, ya salah. Bukan itu maksudnya, jadi kalau sudah terbiasa, itu baik untuk keluarga dan anak-anak itu sendiri," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan kebersihan Kotabaru, Arif Fadillah mengatakan saat ini Kotabaru paling sedikit mengirimkan sekolah Adiwiyata. Ini yang perlu dievaluasi, dan ini juga menjadi komitmen DLH untuk mewujudkan sekolah Adiwiyata.

"Adiwiyata ini, harus terbawa ke rumah,

Kita ingin membawa kebiasaan ini membawa pengaruh baik kepada keluarganya. Yang sekarang itu, masih kurang menjiwai, bila dalam sekolah ya okelah, tapi setelah keluar sekolah ya tetap membuang sampah sembarangan. Makanya ini yang perlu dievaluasi agar dalam diri anak-anak kita tertanam jiwa kebersihannya," katanya.

Sekadar diketahui, Sekolah yang sudah mendapatkan adiwiyata Nasional adalah SMAN 2 Kotabaru di 2014, 2015 MAN 1 Kotabaru, 2016 SDN Stagen, 2017 SMA ITP Tarjun dan SMKN 2 Kotabaru. Sementra untuk Adiwiyata Mandiri adalah MAN 1 Kotabaru di 2017 Adiwiyata Mandiri dan tahun 2018 diraih SMAN 2 Kotabaru.(*/Aol)

Penulis: Man Hidayat
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved