Serambi Mekkah

Hari Ini Petani Kampungbaru Panen Padi Unggul Mikongo, Segini Produktivitasnya

Pembudidayaan varietas Mikonga cukup berhasil. Hari ini, Rabu (06/03/2019), akan dilakukan acara panen yang direncanakan akan dihadiri Bupati Banjar.

Hari Ini Petani Kampungbaru Panen Padi Unggul Mikongo, Segini Produktivitasnya
Dok/Kepala BPP Edi Sukoco
MIKONGA - Kepala BPP Berutungbaru Edy Sukoco semringah berpose dengan latar belakang tanaman padi yang subur menghijau. Varietas Mikonga kini makin banyak dikembangkan petani di Kabupaten Banjar karena produktivitasnya tinggi. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Usaha tani padi di Desa Kampungbaru, Kecamatan Beruntungbaru, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), kian meningkat produksi maupun produktivitasnya.

Penanaman padi unggul juga makin meluas, selain tanaman padi lokal. Beberapa jenis varietas padi unggul juga telah mulai dikembangkan, di antaranya Ciherang dan Mikonga.

Pembudidayaan varietas Mikonga cukup berhasil. Hari ini, Rabu (06/03/2019), akan dilakukan acara panennya yang direncanakan akan dihadiri Bupati Banjar H Khalilurrahman.

"Varietas Mikonga merupakan varietas unggul baru yang kami kembangkan karena provitasnya tinggi dan cita rasa nasinua pun enak," ucap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Pemkab Banjar HM Fachry, Rabu (06/03/2019).

Dikatakannya, petani padi di wilayah lain di Kabupaten Banjar juga mulai mengembangkan varietas Mikonga. "Hampir semua kecamatan mulai panen sejak akhir Februari yang lalu untuk padi sawah. Sedangan untuk padi ladang atau gogo panennya mulai April," sebutnya.

Provitas vaietas Mikonga, beber Fachry, lumayan tinggi yakni rata-rata mencapai 14 blek per borong atau emoat ton lebih per hektare. Usia panennya juga pendek yakni sekitar empat bulan sejak semai.

Lebih lanjut pejabat eselon II di Bumi Barakat ini menuturkan pada acara panen padi varietas Mikonga hari ini sekaligus akan dilakukan pengukuhan kelompok tani se-Kecamatan Beruntungbaru. Juga penyerahan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) oleh Bupati Banjar. (*/Aol)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved