Sertifikasi Kepala Dinas

Pengalaman Johan Arifin Ikut Seleksi Kepala Dinas di Pemko Banjarbaru

Semua calon harus mengikuti aturan main yang sudah ditentukan, mulai dari penyerahan berkas lamaran hingga seleksi administrasi

Pengalaman Johan Arifin Ikut Seleksi Kepala Dinas di Pemko Banjarbaru
BPost Cetak
BPost edisi cetak Rabu (6/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - PEMILIHAN pejabat atau pimpinan tinggi di Kota Banjarbaru sangat kompetitif.

Semua calon harus mengikuti aturan main yang sudah ditentukan, mulai dari penyerahan berkas lamaran hingga seleksi administrasi yang digelar secara terbuka.

Johan Arifin, yang pernah melamar sebagai Kadis Kominfo Banjarbaru, mengatakan pada November 2017 ada tujuh jabatan yang bisa dilamar, yakni inspektur, kepala badan perencanaan pembangunan penelitian dan pengembangan daerah, kepala dinas perdagangan, kepala diskominfo, kepala disbudpar, kepala ketahanan pangan pertanian dan perikanan, dan kepala satpol PP.

Baca: Kabar Billy Syaputra Putus dari Hilda Vitria demi Popularitas Disebut Uya Kuya dan Iis Dahlia

Baca: Kumpulan Ucapan Hari Raya Nyepi Saka 1941 untuk Teman, Kerabat dan Umat, Bagikan via Medsos

Baca: Ada Keterpaksaan dalam Pernikahan Syahrini dan Reino Barack Disebut Sosok Ini, Berkaitan Luna Maya?

“Pemilihan kepala dinas di Banjarbaru sangat ketat, waktu itu ada 64 pelamar. Jabatan yang paling banyak pelamarnya adalah inspektur, sebanyak 13 pelamar,” ujar Johan, Selasa (5/3).

Johan mengatakan dia melamar sebagai Kadis Kominfo Pemko Banjarbaru.
Segala persyaratan dia siapkan, bahkan dia menyertakan sertifikat pada berkas lamarannya.

"Saya punya sertifikat Chief Information Officer (CIO) Dasar yang diselenggarakan oleh Kemenkominfo tahun 2016. Walau tidak diwajibkan, sertifikat itu tetap saya masukkan dalam berkas lamaran," ucap Johan, yang hingga kini masih menjabat sebagai Kadis Kominfo Banjarbaru ini.

Dari pengalamannya itu, Johan yang juga pernah menjabat Kabag Humas dan Sekretaris Diskominfo sangat setuju kalau kepala dinas harus memiliki sertifikat.

"Apa yang disampaikan Wapres itu, saya setuju," ujarnya.

Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira, juga menyambut positif soal sertifikasi kepala dinas yang disampaikan Wapres.

"Setuju saja kalau memang aturannya begitu. Karena tujuannya baik, agar pejabat yang terpilih memiliki kompetensi yang cukup untuk memimpin SKPD. Pada akhirnya bisa memberikan pelayanan yang baik kepada publik," ujarnya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved