Berita Banjarmasin

Bea Cukai Kalbagsel Kampanyekan Penggunaan Tas Purun di Mall Banjarmasin

Dalam rangka berpartisipasi menjaga lingkungan hidup, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) mengadakan kegiatan peduli lingkungan, Senin (4/3/2019)

Bea Cukai Kalbagsel Kampanyekan Penggunaan Tas Purun di Mall Banjarmasin
Bea Cukai Kalbagsel untuk banjarmasinpost.co.id
Pegawai Bea Cukai Belanja di Duta Mall gunakan tas purun. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dalam rangka berpartisipasi menjaga lingkungan hidup, Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) mengadakan kegiatan peduli lingkungan, Senin (4/3/2019) lalu.

Kepala Kanwil DJBC Kalbagsel, HB Wicaksono mengajak seluruh pegawai bea cukai Kalbagsel di Banjarmasin untuk mengkampanyekan penggunaan tas ramah lingkungan.

Kampanye dilakukan karena rasa keprihatinan terhadap kondisi Indonesia saat ini menjadi penyumbang sampah plastik terbesar kedua di dunia.

Ribuan ton kantong plastik tiap tahun terbuang menjadi sampah di daratan Indonesia. Kondisi ini merupakan dampak penggunaan plastik yang tidak terkendali dan kurangnya kesadaran masyarakat untuk meminimalkan penggunaan plastik.

Gagasan spontan Kakanwil ini disambut antusias oleh seluruh pegawai.

Baca: Jelang Haul Guru Sekumpul Kamar Hotel Penuh, Dipesan Warga Luar Kalsel dan Mancanegara

Baca: VIDEO Dua Pria di Tapin Ini Tambal Jalan Rusak Demi Keselamatan Rombongan Haul Guru Sekumpul

Baca: VIDEO Rombongan Peziarah Asal Kaltim Alami Kecelakaan di Desa Sawang Kecamatan Tapin Selatan


Bentuk kepedulian itu diwujudkan dengan belanja bersama seluruh pegawai beserta keluarga di Hypermart, Duta Mall, dengan menggunakan bakul purun yakni tas tradisional Kalsel yang terbuat dari tanaman purun.

"Tas ini sangat ramah lingkungan, ekonomis dan dapat dipergunakan berulang-ulang," ucap Wicaksono, seperti dikutip dari rilis yang diterima Banjarmasinpost.co.id.

Ditambahkannya, penggunaan tas tradisional ini selain untuk mengurangi penggunaan kantong plastik juga diharapkan membantu pengrajin lokal agar penjualannya dapat meningkat.

Kegiatan tersebut di awali dengan atraksi flashmob yang melibatkan seluruh pegawai dan dihadirio leh Putri Kalsel Berbakat 2016 Antung Nur Rahmiliyanti.

"Hal ini diharapkan dapat menggugah dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengurangi penggunaan kantong plastik," pungkas Wicaksono. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved