Berita Banjarbaru

Jalan Ke Bandara Syamsudin Noor Bakal Dialihkan ke Jalan Lingkar Utara, Ini Penjelasan BBPJN

Akses jalan ke Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru kedepan akan dialihkan ke Jalan Lingkar Utara yang jadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Kalsel.

Jalan Ke Bandara Syamsudin Noor Bakal Dialihkan ke Jalan Lingkar Utara, Ini Penjelasan BBPJN
banjarmasinpost.co.id/nurkholis huda
Akses jalan ke Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru kedepan akan dialihkan ke Jalan Lingkar Utara. 

BANJARMASINPOST.CO.ID - BANJARBARU - Akses jalan ke Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru kedepan akan dialihkan ke Jalan Lingkar Utara yang jadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Kalsel.

Hal itu karena Bandara Syamsudin Noor statusnya adalah Proyek Strategis Nasional (PSN) maka penanganan jalannya ke depan dialihkan ke Nasional.

Kemungkinan ini dibenarkan oleh Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Wilayah XI, Mutaal Badrun.

"Ya kemungkinan besar Jalan Lingkar Utara ke Bandara Syamsuddin Noor Banjarbaru itu ditangani Nasional," kata Mutaal Badrun.

Diuraikannya, memang secara resmi belum ada pelimpahan status jalan.

"Secara resmi belum, namun pengusulan ada. Kemarin pas acara Vcon Konreg di Balai sudah dibicarakan," kata Mutaal Badrun.

Baca: Ratusan Siswa di HSS Ini Harus Pindah, Pasalnya Sekolahan Mereka Dihibahkan Pemkab ke Ponpes

Baca: LIVE RCTI! Link Live Streaming Arsenal vs Rennes & Chelsea vs Dynamo Kyiv di Liga Europa Malam ini

Baca: Sukses Bawa Timnas Juara AFF U-22, Rafi dan Riyandi Diganjar Bonus Rp 100 juta

Baca: Anang Hermansyah Resmi Tarik Usulan RUU Permusikan yang Bikin Ashanty dan Jerinx SID Bersitegang

Dari evaluasi yang ada, disebutkan Mutaal, harus ada perbaikan geometrik dan pihak daerah sebelum distatus kan nasional.

"Daerah siap saja untuk pembebasan lahan," kata Mutaal Badrun.

Sementara dukungan Pemprov Kalsel untuk mempermulus akses Jalan lingkar utara Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin di Banjarbaru terus dikerjakan.

"Ya, PUPR Provinsi ada mengalokasikan anggaran untuk peningkatan jalan tersebut Rp 40 Miliar di tahun 2019. Sisanya untuk menyelesaikannya dimintakan nasional. Sebab belum bangunan pelengkap dan akses jalan itu memerlukan 120 miliar. Karena itu kita berharap itu nasional bisa masuk untuk menggarapnya," kata Kepala Dinas PUPR Kalsel, Roy Rizali Anwar.

Agar kedepannya Balai Jalan Nasional bisa masuk untuk mengerjakan akses jalan tersebut, maka diperlukan untuk perubahan SK status jalan tersebut dari Provinsi ke Nasional.

"Yang pasti jalan akses ke bandara dari lingkar utara menuju ke Bandara itu direncanakan akan dijadikan jalan nasional. Tahap terakhir kemarin, memang ada tim dari tim dari kementerian PU pusat sudah survei ke lokasi. Informasi yang kita dapat itu memang akan diubah SK-nya menjadi statusnya jalan Nasional. Saat ini masih statusnya jalan Provinsi," kata Roy. (banjarmasinpost.co.id /lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved