Berita Tabalong

Kodim 1008 Tanjung Rehab SDN Danau Desa Hayup, Ditargetkan Selesai pada Momen Ini

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 Kodim 1008 Tanjung masih terus berlangsung.

Kodim 1008 Tanjung Rehab SDN Danau Desa Hayup, Ditargetkan Selesai pada Momen Ini
Kodim 1008 Tanjung
Petugas Kodim 1008 Tanjung merehab SDN Danau Desa Hayup, Kecamatan Haruai. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-104 Kodim 1008 Tanjung masih terus berlangsung. Dan kali ini program yang dijalankan adalah perbaikan bangunan sekolah di Desa Hayup Kecamatan Haruai, Kabupaten Tabalong.

Program TMMD ke-104 tahun 2019 adalah bentuk wujud pengabdian TNI kepada rakyat. Tugas mulia yang diamanahi dalam program TMMD bertujuan dalam percepatan pembangunan di wilayah pedesaan terutama diprioritaskan untuk pembangunan wilayah tertinggal.

Bidang pendidikan menjadi salah satu pembangunan pada program TMMD, agar mutu pendidikan semakin meningkat.

Hal ini dilakukan dengan dialokasikannya sasaran program TMMD dalam rehabilitasi salah satu ruang kelas VI SDN Danau Desa Hayup, Kecamatan Haruai.

Baca: Jadwal, Syarat, Cara dan Link Pendaftaran Penerimaan Anggota Polri 2019, Akpol, Tamtama dan Bintara

Baca: Jadwal & Niat Puasa Rajab Lengkap Beserta Artinya, Simak Juga Doa Rasulullah di Bulan Rajab

Baca: Jelang Haul Guru Sekumpul Kamar Hotel Penuh, Dipesan Warga Luar Kalsel dan Mancanegara

Di dalam melaksanakan perbaikan ruangan kelas ini sesuai dengan arahan dari Bupati Tabalong Drs H Anang Syakfiani, MSi untuk membantu fasilitas disekitar sasaran pelaksanaan TMMD, sehingga dimasukkan dalam beberapa tugas tambahan TMMD Ke-104.

Dandim 1008 Tajung Letkol Arm Edy Susanto mengatakan mengatakan tujuan dilaksanakannya program TMMD dalam hal pendidikan ini bertujuan untuk mendukung kegiatan perbaikan infrastruktur sekolah guna menunjang kegiatan belajar dan mengajar.

"Kami berharap dengan kegiatan rehab ini dapat bermanfaat untuk menunjang proses kegiatan belajar mengajar siswa-siswi SDN Danau desa Hayup, kami targetkan selesai sebelum penutupan TMMD pada tanggal 27 maret 2019," ujarnya.

Diketabui SDN Danau memiliki ruang kelas yang sudah rusak, bagian atap dan dinding sudah mengalami kerusakan. Sedangkan siswa masih menggunakannya untuk proses belajar mengajar

Dalam program TMMD ke 104 Kodim 1008 Tanjung pembangunan yang dilaksanakan adalah pembuatan jalan sepanjang 1.840 Meter dengan lebar 7 meter yang menghubungkan antara Desa Hayup dan Kampung Ribang 2, pengerasan badan jalan 945 M3, Drainase saluran air kanan kiri jalan sepanjang 2000 Meter, penyiringan kanan kiri jalan sepanjang 175 Meter, pemasangan gorong-gorong di 4 titik sepanjang jalan, renovasi tiga rumah tak layak huni, serta pembuatan jembatan beton panjang 2,5 x 2,5 Meter dan Rehap tiga buah rumah. Serta perbaikan pagar musola dan poskamling.

"Warga sekitar memberikan bantuan dalam pengerjaan fisik, sebagian anggota juga tinggal di rumah warga yang membuat mereka semakin akrab bagaikan semuah keluarga," ujarnya.

Program TMMD diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Pemerintah pusat mengganggarkan Rp 1.6 miliar untuk enam paket program yang dilaksanakan secara swakelola oleh Kodim 1008/Tanjung.

(Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved