Gladi Resik UNBK di Kalsel

Tak Ada Jaringan Internet, Gladi Resik UNBK di Kalsel, Pelajar Menginap di Rumah Dinas Kadisdik

Gladi resik UNKB, puluhan siswa dari sejumlah sekolah pinggiran Kalsel), harus menempuh jarak puluhan kilometer dan bahkan menginap di rumah warga.

Tak Ada Jaringan Internet, Gladi Resik UNBK di Kalsel, Pelajar Menginap di Rumah Dinas Kadisdik
Capture Banjarmasin Post
Harian Banjarmasin Pos Edisk Kamis, 7 Maret 2019 Halaman 1 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARABAHAN - Gladi resik ujian nasional berbasis komputer (UNBK) tingkat SMP di Kalimantan Selantan, akan digelar 18 sampai 19 Maret 2019.

Untuk mengikuti gladi resik termasuk UNBK nantinya, ternyata tidak mudah. Puluhan siswa dari sejumlah sekolah pinggiran di Kalimantan Selatan (Kalsel), harus menempuh jarak puluhan kilometer dan bahkan menginap di rumah warga.

Sebagaimana di Baritokuala (Batola), sebanyak 20 siswa SMPN 3 Bakumpai akan menginap di rumah dinas kepala dinas pendidikan (kadisdik) di Jalan AS Nasution, Marabahan.

“Kepala sekolah SMPN 3 Bakumpai sudah kita panggil soal ini. Tak masalah, 20 siswanya nginap di rumah kadisdik selama gladi resik UNBK,” kata Kasi Kurikulum SMP Dinas Pendidikan Kabupaten Batola, Suranto, Rabu (6/3/2019.

Baca: Penjelasan Koordinator Relawan Haul Guru Sekumpul 2019 Sikapi Kabar Kedatangan Jokowi & Prabowo

Baca: Gara-gara Foto Ini, Mantan Istri Ahmad Dhani, Maia Estianty Hamil Anak Pertama dengan Irwan Mussry

Menurut Suranto, untuk biaya makan dan tranportasi ke-20 SMPN 3 Bakumpai yang menginap rumah kadisdik Batola ditanggung pihak sekolah dan orangtua siswa.

“Ini sudah kita bicarakan dengan pihak sekolah,” katanya.

Dihubungi terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batola, Sumarji, menambahkan
keputusan untuk menginapkan siswa ini terpaksa dilakukan agar mereka bisa ikut gladi resik UNBK.

“Kalau di Bakumpai tak ada jaringan dan komputernya belum ada,” katanya,

Menurut Sumarji, SMPN 3 Bakumpai memang tak bisa menggelar gladi resik UNBK dan UNBK mandiri karena jaringan internet hampir tidak ada atau rendah sekali.

Nantinya SMPN 3 Bakumpai akan bergabung atau nebeng UNBK di SMA 1 di Marabahan.

Sementara jarak dari Bakumpai ke Marabahan itu sekitar 1,5 jam melalui jalur sungai atau naik kelotok, sehingga lebih baik 20 siswa menginap saja di Marabahan.

“Saya kira rumah dinas saya bisa dipakai untuk nginap atau tidur siswa SMPN 3 Bakumpai agar mereka bisa mengikuti gladi resik UNBK di pusat kota,” tegas Sumarji.

Sumarji yakin rumah dinasnya bisa memuat hingga 100 siswa. “Jadi kalau cuma 20 siswa SMPN 3 Bakumpai yang mau mengikuti gladi resik UNBK di SMA atau SMK di Marabahan bisa saja menampung,” ujarnya. (ogi/nia)

Baca lebih lengkap di Harian Banjarmasin Post dan E-Paper BPost edisi Kamis (7/3/2019)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved