Haul Guru Sekumpul

Tiap Desa di Hulu Sungai Tengah Ada Rest Area untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul

Rest area di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ramai didatangi oleh jemaah Haul Guru Sekumpul ke-14 pada Jumat (8/3/2019).

Tiap Desa di Hulu Sungai Tengah Ada Rest Area untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul
Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi
Salah satu rest area untuk jemaah Haul Guru Sekumpul di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Jumat (8/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Rest area di Kabupaten Hulu Sungai Tengah ramai didatangi oleh jemaah Haul Guru Sekumpul ke-14 pada Jumat (8/3/2019).

Jemaah yang singgah berasal dari provinsi tetangga seperti Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur.

Rest area ini dibuka sejak beberapa hari lalu hingga Senin (11/3/2019) nanti. Di Kabupaten Hulu Sungai Tengah bahkan, setiap desa menyediakan rest area. Jelas rest area ini khusus bagi yang berada di jalan nasional yang menjadi jalur lalu lintas jemaah dari luar daerah.

Contohnya di Kecamatan Batang Alai Utara hingga Kecamatan Barabai hampir setiap desa menyediakan rest area. Tak hanya di masjid saja yang menjadi titik kumpul jemaah beristirahat. Bahkan, rumah warga juga ada yang dipergunakan sebagai rest area.

Contohnya di Desa Ilung Kecamatan Batang Alai Utara. Rest area ada di rumah warga. Bahkan, setiap rest area menyediakan kudapan, minuman, hingga makan besar.

Baca: VIDEO Tempat Menginap Gratis untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul di Pusat Perbelanjaan Sekumpul

Baca: Kapolsek Muara Uya Bagikan Makanan ke Jamaah Haul Guru Sekumpul yang Melintas di Tabalong

Baca: Haul Guru Sekumpul, Pesawat Jakarta dan Surabaya Tujuan Banjarmasin Meningkat, Harga Tiket Rp 2 Juta

Di Masjid Al Ma’shum, Barabai, bahkan menyediaka nasi bungkus, bakso, bubur ayam, rujak, dan mie instan. Bahkan rencananya pada Sabtu (9/3/2019) menu yang diberikan kepada jemaah adalah nasi sop. Bahkan, panitia sudah mempersipakan memasak 40 liter beras.

Panitia Rest Area di Masjid Al Ma'shum, Adrani, mengatakan makanan yang disediakan sudah tak terhitung. Bahkan, kemarin saja pihaknya membeli 250 bungkus nasi. Namun, paritisipasi warga sehingga menjadi 800.

"Hari ini juga begitu banyak yang nyumbang warga. Yang mampir alhamdulillah jumlahnya lebih dari seribu jemaah. Yang datang dari Berau, Nunukan, dan daerah lain," katanya.

Uniknya jemaah yang lain justru ikut menyumbang. Alih-alih dapat makan gratis, mereka justru ikut berpartisipasi. "Ada yang menyumbang Rp 500 ribu saat mampir. Kebersamaannya luas biasa," jelasnya.

Rest area dan sajian untuk jemaah menurutnya akan terus tersedia hingga Senin nanti.

"Di sini juga ada PMI, tim kesehatan, dan BPK ikut berpartisipasi," katanya.

Sementara itu, jemaah asal Kaltim, Yana, mengaku senang karena di sambut seperti ini. "Semoga seluruh kebaikan dibalas Allah," katanya.

Tak hanya warga saja, Polres HST juga ikut serta membantu jemaah.
Sat Binmas Polres HST membagikan 1020 bungkus Roti kepada posko rest area dan makan gratis yang diperuntukan bagi jamaah Haul Guru Sekumpul yang melintas.

Kapolres HST AKBP, Sabana Atmojo, melalui Kasat Binmas AKP, M Agus Tamzid, mengatakan kegiatan ini bertujuan agar masyarakat pengguna jalan yang merupakan Jamaah Haul Guru sekumpul merasa terbantu. (Banjarmasinpost.co.id/eka pertiwi)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved