Tajuk

Haul dan Pilpres

Pada Minggu (10/3/2019) bakal digelar hajatan besar di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, yakni Haul ke-14 Ulama Besar Guru Sekumpul

Haul dan Pilpres
banjarmasinpost.co.id/apunk
Suasana kawasan Sekumpul Martapura jelang Haul Guru Sekumpul, Jumat (8/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pada Minggu (10/3/2019) bakal digelar hajatan besar di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalsel, yakni Haul ke-14 Ulama Besar KH Muhammad Zaini Abdul Ghani atau akrab disebut Guru Ijai atau Guru Sekumpul.

Jemaah yang menghadiri Haul Guru Sekumpul tiap tahun kian bertambah. Panitia haul, didukung Pemkab Banjar, aparat kepolisian, relawan dan masyarakat Serambi Mekkah jauh hari telah bersiap menyambut kedatangan jemaah yang diprediksi mencapai jutaan orang.

Haul Guru Sekumpul juga menjadi magnit bagi sebagian masyarakat Indonesia yang berada di luar Kalsel. Jemaah yang menghadiri haul bukan hanya dari Kalimantan Selatan, tapi juga dari luar Pulau Kalimantan, bahkan ada kabar datang pula dari Papua.

Hal ini menunjukkan, betapa besar kharisma ketokohan Guru Sekumpul sehingga haulnya tiap tahun selalu bertambah jumlah jemaah yang menghadirinya. Di sisi lain, haul Guru Sekumpul juga menjadi daya tarik bagi masyarakat Indonesia di luar Kalsel untuk berkunjung ke bumi Lambung Mangkurat.

Kebetulan, Haul ke-14 Guru Sekumpul pada 2019 ini bertepatan pula dengan tahun politik, yakni pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres dan Pilwapres) serta pemilu legislatif (Pileg) yang digelar pada 17 April 2019, hanya selisih sekitar lima pekan.

Wajar jika ada kekhawatiran pada haul Guru Sekumpul ada yang mendompleng, ingin menarik massa. Namun, panita haul sudah jauh-jauh hari bikin aturan agar tidak ada atribut partai dalam radius empat kilometer tertentu dari pusat haul, yakni Musala Ar Raudhah, Sekumpul, Martapura. Selain itu, panitia juga tidak mengundang resmi dua kandidat capres, meskipun jika berhadir tetap diterima dengan tangan terbuka.

Kabar terakhir, Calon Presiden Nomor Urut 01 Joko Widodo memilih tidak hadir di acara haul ke-14 Guru Sekumpul. Seperti diungkap, Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi Maruf Kalsel, Ghimoyo, Jokowi tidak hadir demi menjaga suasana kegiatan Haul Guru Sekumpul tetap khusyuk dan sakral. Adapun Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto dikabarkan akan hadiri puncak kegiatan Haul ke-14 Guru Sekumpul. Seperti dikonfirmasi resmi oleh Sekretaris Badan Pemenangan Daerah (BPD) Prabowo-Sandi Kalsel, H Nachwan. Prabowo pun, jika berhadir dikabarkan datang sebagai jemaah umum.

Terlepas dari jadi atau tidaknya Prabowo maupun Jokowi hadir di Haul ke-14 Guru Sekumpul, seandainya keduanya hadir sebenarnya akan lebih baik, apalagi jika duduk bersisian mengikuti prosesi haul hingga selesai. Haul Guru Sekumpul bakal jadi momentum persatuan, jadi momen indah dua capres bertemu di acara yang dihadiri banyak orang.

Momen pertemuan keduanya bakal jadi mendinginkan api dalam sekam yang selama ini terus digosok-gosok oleh pihak-pihak yang menginginkan dua pemimpin bangsa itu seakan tidak cocok atau bagai air dan api.

Kedua belah pihak pendukung juga bisa berkaca dari momen itu, bahwa berbeda pilihan adalah biasa, tidak ada istilah lawan abadi, karena sangat diyakini, kedua calon presiden pasti sama-sama ingin membawa bangsa Indonesia menjadi lebih baik, bersatu, berdaulat dan religius. (*)

Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved