Mereka Bicara

Inovasi Pembangunan Infrastruktur Desa

Selama empat tahun terakhir, telah diluncurkan dana desa sebesar Rp 187 triliun, sebagian besar digunakan untuk membangun infrastruktur.

Inovasi Pembangunan Infrastruktur Desa
beritadaerah.co.id
Ilustrasi 

M Noor Azasi Ahsan, Tenaga Ahli Pengembangan Kapasitas Program Inovasi Desa P3MD
Kalimantan Selatan

BANJARMASINPOST.CO.ID - Selama empat tahun terakhir, telah diluncurkan dana desa sebesar Rp 187 triliun, sebagian besar digunakan untuk membangun infrastruktur.

Dari data Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) per 12 Desember 2018, antara lain sudah digunakan membangun 1.140 km jembatan dan 191.600 km jalan desa.

Untuk Kalimantan Selatan, jalan desa dan jembatan yang sudah dibangun berdasarkan hasil validasi pada bulan yang sama masing-masing 1.076,9 km dan 15,2 km.

Program Inovasi Desa (PID) berupaya mendorong agar Dana Desa tidak hanya digunakan untuk membangun infrastruktur fisik melainkan bisa diarahkan juga pada kegiatan pemberdayaan dalam mendukung peningkatan kualitas dan produktivitas sumberdaya manusia.

Meskipun kenyataannya di lapangan pembangunan infrastruktur masih menjadi prioritas utama, namun jenis sarana dan prasarana yang dibangun sudah lebih inovatif dan variatif. Begitu juga pelaksanaan dan pengelolaannya pasca dibangun.

Budaya gotong-royong

Sejarah mencatat, pada masa Hindia-Belanda dipimpin Gubernur Jenderal Herman William Daendels (1808-1811), berlangsung pembangunan Jalan Anyer-Panarukan sepanjang sekitar seribu kilometer.

Ribuan orang terlibat dalam pembangunan tersebut, sebagian melalui sistem upah, sebagian lagi dipaksa atas nama kerja wajib untuk raja.

Dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan, Indonesia sebenarnya mempunyai budaya gotong-royong. Keswadayaan dan semangat ini tergerus mental proyek yang berjalan selama puluhan tahun lalu.

Halaman
123
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved