Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : Kemeriahan Parade Karnaval Banjarmasin Sasirangan Festival 2019

Ada parade pula yang dilakukan para peserta mulai dari halaman Balai Kota Banjarmasin dan berakhir di Siring, Pierre Tendean, Banjarmasin, Sabtu (9/3)

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Berbagai macam kostum yang menggunakan sasirangan disajikan pada saat karnaval sasirangan Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2019. Ya, event yang digelar di halaman Balai Kota Banjarmasin tersebut melibatkan instansi, lembaga, komunitas dan kelompok serta siswa sebagai peserta pada karnaval tersebut.

Bahkan ada parade pula yang dilakukan para peserta mulai dari halaman Balai Kota Banjarmasin dan berakhir di Siring, Pierre Tendean, Banjarmasin, Sabtu (9/3/2019).

Beberapa kostum yang tampil pada kegiatan tersebut rupanya menjadi daya tarik bagi peserta lain. Tidak sedikit orang yang berfoto dengan peserta yang mengenakan kostum unik.

Sebagaimana yang kostum yang dikenakan oleh satu peserta karnaval, yakni Winda.

Pakaiannya berwarna coklat keemasan untuk hiasan kepala, kemudian di desain sedemikian rupa dan ditambah aksesoris ikan.

Baca: Hasil Akhir Barito Putera vs Persita di Piala Presiden 2019 : Skor Akhir 3-1, Gavin Kwan 2 Gol

Bajunya berwarna hijau dan celana panjang warna kuning layaknya warna khas kerajaan banjar. Rupanya, tema yang diusung dari kostum Winda ialah tema lukah atau alat menangkap ikan yang digunakan oleh suku banjar.

“Tema kostum ini lukah. Beratnya untuk aksesoris bagian kepala kurang lebih 7,5 kilogram. Insyallah kuat saja buat jalan sampai finish,” ucap Winda

Winda membawa luka berisi ikan buatan pada bagian belakang alat penangkap ikan itu. Ia juga terlihat sibuk memperlihatkan senyum pada orang-orang yang mengajaknya berfoto.

Tak kalah menjadi perhatian peserta lain ialah kostum Putri Intan Martapura. Kostum ini dikenakan oleh Olivia Rahmi, juara harapan pada acara yang sama di tahun sebelumnya.

Perempuan yang tergabung sebagai model dari Egy Galery ini mengatakan kostum tersebut diusung untuk memperkenalkan pariwisata daerah pula.

Baca: Bacaan Niat Buka Puasa dan 10 Keutamaan Puasa Rajab 2019, Bagus di Amalkan Mulai 1-10 Rajab

Sebagaimana diketahu, Martapura memang dikenal sebagai Kota Intan. Tahun sebelumnya Olivia membawakan kostum The Quin of Kuin Muara Floating Market.

“Tahun ini kembali membawakan kostum bertema pariwisata. Sebelumnya pariwisata Kota Banjarmasin sekarang wisatanya Martapura,” ucap Olive.

Kostum yang dikenakan olive ujarnya seberat 10 kilogram. Kostum itu nampak berwarna perak dan dihias ratusan intan tiruan. Ada yang berwarna biru laut dan juga bening.

(Banjarmasinpost.co.id/Isti Rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved