Berita Kalteng

Bawaslu Palangkaraya Gandeng Wartawan Awasi Pemilu, ''Pers Boleh Melaporkan, Asal''

Mendekati pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif yang akan dilaksanakan, 17 April 2019

Bawaslu Palangkaraya Gandeng Wartawan Awasi Pemilu, ''Pers Boleh Melaporkan, Asal''
Banjarmasinpost.co.id/faturahman
Ketua Bawaslu Kota Palangkaraya, Endrawaty, dalam kegiatan sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu organisasi masyarakat dan media massa, dilaksanakan, Minggu (10/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Mendekati pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta Pemilu Legislatif yang akan dilaksanakan, 17 April 2019 mendatang dimanfaatkan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Palangkaraya, melakukan sosialisasi, Minggu (10/3/2019).

Sosialisasi pengembangan pengawasan pemilu organisasi masyarakat dan media massa bersama Bawaslu tersebut merupakan upaya melakukan koordinasi pengawasan pelaksanaan pemilu legislatif dan pengawasan Pilpres yang akan dilaksanakan serentak.

Ketua Bawaslu Kota Palangkaraya, Endrawaty, mengatakan, pelaksanaan Pileg dan Pilpres sudah semakin dekat, sehingga pengawasan untuk pelaksanaanya perlu dilakukan koordinasi sejak dini agar berjalan dengan baik.

Baca: Pengurus Baru DPD IMM Kalsel Sudah Terbentuk, Begini Misi dan Tujuannya di Pemilu 2019

Baca: Semua Jenis Kendaraan Tak Boleh Lewat, Jalan Menuju Haul Guru Sekumpul Ditutup Total dari Km Ini

Baca: Dana Sumbangan Kampanye Terbesar di Kalsel Diterima PDIP dan Golkar, Segini Nilainya

Baca: Caleg Jangan Hanya Andalkan APK, Dosen FISIP Sebut Dialog Langsung Juga Penting

Menurut Endra, dalam pelaksanaan pengawasan Pileg dan Pilpres mendatang diperlukan pengawasan bersama untuk pelaksanaanya."Kami tidak mungkin melakukan pengawasan sendiri sehingga menggandeng organisasi masyarakat dan wartawan atau pers," ujarnya.

Dikatakan kerawanan yang kerap terjadi dalam setiap pelaksanaan pemilu adalah adanya mobilisasi massa, politik uang, pemilih ganda dan kecurangan lainnya yang kerap dilakukan oleh pihak tertentu untuk mendapat suara.

"Ini yang perlu diawasi oleh kita bersama, pers boleh melaporkannya kepada kami, tapi harus disertai bukti agar bisa diproses," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kalteng, Harmain Ibrohim, mengatakan, pihaknya juga terus memantapkan persiapan dalam mensukseskan pelaksanaan Pileg dan Pilpres."Kita awasi bersama pelaksanaanya. Saat ini, distribusi logistik pemilu sudah mulai dilakukan , dan surat suara sudah dicetak untuk beberapa kabupaten, yang akan didistribusikan langsung ke daerah," ujarnya.
(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved