Haul Guru Sekumpul

Kisah 3 Pelajar MTSN 1 Kapuas yang Hadiri Haul Guru Sekumpul 2019 Naik Sepeda, Begini Nasibnya

Kisah 3 Pelajar MTSN 1 Kapuas yang Hadiri Haul Guru Sekumpul 2019 Naik Sepeda, Begini Nasibnya

Kisah 3 Pelajar MTSN 1 Kapuas yang Hadiri Haul Guru Sekumpul 2019 Naik Sepeda, Begini Nasibnya
banjarmasin post group/ hasby suhaily
Tiga pelajar MTSN 1 Kapuas Kalteng naik sepeda menghadiri Haul Guru Sekumpul Ke-14, Minggu (10/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -  Kisah 3 Pelajar MTSN 1 Kapuas yang Hadiri Haul Guru Sekumpul 2019 Naik Sepeda, Begini Nasibnya

Niat tiga pelajar MTSN 1 Kapuas menghadiri Haul Guru Sekumpul Ke-14 terkabulkan. Ketiganya pun hadir mengikuti haul pada Sabtu malam dan puncak Haul KH Zaini Abdul Ghani.

Ketiga pelajar MTSN 1 Kapuas yang hadir di Haul Guru Sekumpul 2019 adalah Ahmad Khusairi, M Fariz Maulana dan Amir Muhammad menggenjot sepeda dari Kapuas Kalteng pada Jumat (7/3) dan tiba di Martapura pada pukul 14.30 wita.

Ide awal datang ke Haul Guru Sekumpul 2019 dari Amir Muhammad, dengan berbekal uang tabungannya sebesar Rp 180 ribu, mengajak kedua teman sekolahnya turut serta. Niat ketiga pelajar itu sempat tidak disetujui oleh orang tua mereka masing-masing, karena terlalu jauh menggowes sepeda.

Baca: LINK Live Streaming Haul Guru Sekumpul 2019, Siaran Langsung Suasana Haul KH Zaini Abdul Ghani Ke-14

Baca: Bukan Jokowi Atau Prabowo, Sandiaga Uno Ternyata Hadir di Haul Guru Sekumpul 2019, Ini Penampakannya

Baca: Klasemen Grup C Piala Presiden 2019 Usai Hasil Persipura vs PSM Makassar & PSIS vs Kalteng Putra

Baca: Hasil Liverpool vs Burnley Liga Inggris, Skor 2-1 di Babak Pertama, Gol Firmino dari Mohammed Salah

“Menginap di rumah keluarga dekat RS Ratu Zalecha Martapura. Ini yang kedua kali hadir haul, tetapi tahun lalu tidak naik sepeda,” ucap Amir Muhammad seusai mengikuti haul pada Sabtu malam.

Selama dalam perjalanan lanjut Ahmad Khusairi, mereka sering singgah untuk beristirahat. Bahkan pria yang akrab disapa Sairi itu mendapati pengalaman saat beristirahat di daerah Sungaitabuk, kakinya sempat tetusuk serpihan kayu (kesesuban), namun kejadian itu tidak menyurutkan semangatnya.

“Pernah pula selama dalam perjalanan, saat singgah di salah satu masjid di Banjarmasin, kehilangan sandal,” imbuh Sairi.

Sementara itu, seusai menghadiri Haul ke-14 Guru Sekumpul, ketiganya rencana pulang ke Kapuas kembali menggowes sepedanya. Tetapi jika ada jamaah asal Kapuas yang ingin mengajak ketiganya pulang naik kendaraan roda empat, baik Sairi, Lana dan Amir tidak menolaknya.

Jemaah Haul Guru Sekumpul Ke-14 padati parkir QMall Banjarbaru, Minggu (10/3/2019)
Jemaah Haul Guru Sekumpul Ke-14 padati parkir QMall Banjarbaru, Minggu (10/3/2019) (banjarmasin post group/ nia)

Jamaah Haul ke-14 KH Zaini Abdul Ghani atau akrab disapa Guru Sekumpul meningkat dibanding tahun lalu. Sehari sebelum puncak haul, jamaah membludak mengikuti haul pada Sabtu (9/3) malam, sedangkan puncak Haul ke-14 pada Minggu (10/3).

Tidak sedikit pula jamaah karena kelelahan sehingga mendapatkan perawatan di posko kesehatan seperti di simpangempat Az Zahrac posko kesehatan di depan RS Pelita Insani Jalan Sekumpul Martapura. Kawasan sekumpul sebelum Juhur sudah dipadati jamaah

Baca: Blak-blakan Reino Barack Memilih Syahrini Ketimbang Luna Maya, Incess Disebut Terlalu Banyak Hal Ini

Direktur Utama RS Pelita Insani, dr Gabriel membenarkan, tidak sedikit jamaah yang kelelahan setibanya di lokasi sekitar haul ke-14 tahun ini merasa lemas. Pihaknya menyediakan posko kesehatan seperti tahun-tahun sebelumnya.

“Kami standbye sampai Senin (11/3), tetapi namanya rumah sakit tentulah harus selalu siap menerima pasien,” katanya.

Puncak Haul ke-14 berpusat di Musalla Ar Raudhah, sehabis salat Maghrib. Didahulu pembacaaan ayat suci Al Quran, H Fahrin selanjutnya Imam Musalla Ar Raudhah, H Sa’adduddin memimpin haul, kedua putra Guru Sekumpul, Muhammad Amin Badali dan Ahmad Hafi Badali.

(banjarmasinpost.co.id/ Hasby Suhaily)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved