Berita Banjarmasin

Mahyupi ini Bahagia Jadi Juara Satu Lomba Motif Sasirangan di BSF 2019, Dapat Hadiah dari Ibnu Sina

Lelaki ini diumumkan sebagai juara satu pada lomba desain motif sasirangan yang digelar pada rangkaian Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2019.

Mahyupi ini Bahagia Jadi Juara Satu Lomba Motif Sasirangan di BSF 2019, Dapat Hadiah dari Ibnu Sina
BANJARMASINPOST.co.id/isti rohayanti
Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina menyerahkan hadiah juara satu lomba desain motif sasirangan di event Banjamasin Sasirangan Festival (BSF) 2019 di Siring Pierre Tendean, Banjarmasin, Minggu (10/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kebahagiaan dirasakan oleh warga Sungaijingah, Banjarmasin, Mahyupi. Lelaki ini diumumkan sebagai juara satu pada lomba desain motif sasirangan yang digelar pada rangkaian Banjarmasin Sasirangan Festival (BSF) 2019.

Saat penutupan event BSF 2019, namanya disebut sebagai juara pada lomba tersebut. Mahyupi pun menerima hadiah yang diserahkan langsung oleh Wali Kota BanjarmasinIbnu Sina,  di panggung Expo BSF 2019, Jalan Pierre Tendean, Banjarmasin, Kalsel, Minggu (10/3/2019).

Pada pengolahan motif, Mahyupi memilih tema Burung Egrang Kalimantan. Menurutnya Banjarmasin, umumnya Kalimantan mempunyai suku dayak. Burung egrang bagi Mahyupi menggambarkan suku tersebut. Tema itu dianggap bagus untuk memperkenalkan budaya yang dibalut pada kain.

“Untuk pembuatan motifnya memang cukup sulit. Ditambah lagi saingan yang berat,” ucap Mahyupi pascamenerima hadiah yang diberikan kepadanya.

Baca: Relawan Haul Guru Sekumpul Martapura di Posko Ini Memasak Sejak Jam Segini Nonstop

Baca: SEDANG BERLANGSUNG! Live Streaming Persipura vs PSM, Siaran Langsung Indosiar di Piala Presiden 2019

Baca: Komunitas Ojek Online Juga Berikan Tumpangan Gratis ke Jemaah Haul ke-14 Sekumpul

Pembuatan motif Burung Egrang Kalimantan ujar Mahyupi dilakukan selama enam hari. Namun ia sendiri butuh waktu berbulan-bulan memikirkan tema yang tepat. Termasuk tekhnik pewarnaan dan rajut. Selain itu unutk motif kali ini Mahyupi mengatakan motifnya lebih timbul disbanding sasirangan biasa.

Tak tanggung-tanggung. Sebagai juara, motif sasirangan yang dibuat oleh Mahyupi langsung dipesan oleh Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina. Ia sudah menjanjikan kepada pemenang untuk memesan motif itu yang nantinya akan digunakan pada saat peringatan Hari Jadi Kota Banjarmasin.

Mahyupi juga sudah berencana untuk mempatenkan hasil kerajinan tangannya. Namun ia juga menunggu dari arahan Wali Kota Banjarmasin.

Lomba motif sasirangan kali ini rupanya bukan kali pertama diikuti oleh Mahyupi. Pada dua event BSF sebelumnya, ia juga sebagai peserta pada lomba motif sasirangan. Namun sebelumnya ia hanya menjadi juara harapan. Hingga tahun ketiga menjadi juara pertama.

Ia pun berharap motif sasirangan akan lebih bisa dikembangkan. Terlebih ada banyak corak atau inspirasi bentuk yang bisa olah pada kain tersebut. Sehingga ujarnya sasirangan menjadi lebih mantap dan lebih diminati.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved