Berita Banjar

Mobil Berjalan Tera Belum Sentuh Pasar di Kabupaten Banjar

Mobil Unit Berjalan Pelayanan Tera dan Tera Ulang parkir di halaman Disperindag Kabupaten Banjar, mobil tersebut belum dioperasionalkan secara rutin.

Mobil Berjalan Tera Belum Sentuh Pasar di Kabupaten Banjar
banjarmasin post group/ hasby suhaily
Fathurrahman saat disamping mobil Unit Berjalan Tera di Pemkab Banjar, Minggu (10/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Mobil Unit Berjalan Pelayanan Tera dan Tera Ulang parkir di halaman Disperindag Kabupaten Banjar, mobil tersebut belum dioperasionalkan secara rutin.

Hal ini dikarenakan pada tahun anggaran 2019 ini Disperindag Banjar masih dalam pendataan tera, sehingga baru April 2019 akan rutin dioperasionalkan.

Mobil tersebut merupakan kerjasama Kementerian Perdagangan dan Pemkab Banjar melalui DAK bidang pasar 2018 lalu. Bupati Banjar, H Khalilurrahman sudah melakukan serah terima Unit Berjalan Pelayanan Tera dan Tera Ulang.

Nampak Staf Pelayanan Kemetrologian Disperindag Kabupaten Banjar, Fathurrahman saat di sekitar mobil pelayanan itu mengatakan, rencananya Unit Berjalan akan -dioperasionalkan pada April 2019. Dirinya membantah, jika dikatakan mobil tersebut menganggur, karena saat ini sedang melakukan pendataan-pendataan.

Baca: LINK Live Streaming Haul Guru Sekumpul 2019, Siaran Langsung Suasana Haul KH Zaini Abdul Ghani Ke-14

Baca: Hasil Persipura Jayapura vs PSM Makassar Grup C Piala Presiden 2019, Skor 0-0 di Babak Pertama

Baca: Resmi! Jokowi dan Prabowo Tak Hadiri Haul Guru Sekumpul 2019, Cek Penjelasan dari BPD dan TKD Kalsel

“2019 akan ke pasar-pasar yang ada di Martapura melakukan tera ulang, sudah ada jadwalnya. Sebelumnya kami juga sudah melakukan tera ke pasar-pasar tetapi tidak menggunakan mobil tersebut,” katanya.

Bahkan menurutnya, mobil pelayanan dengan nomor polisi DA 7652 BL itu mesin tetap dihidupkan pada waktu-waktu tertentu. Kesiapan mesin dan lainnya juga selalu dicek.

Dia pun menjelaskan, serah terima mobil pada November 2018 lalu, sedangkan untuk kegiatan-kegiatan sudah selesai. Sebelum melakukan kegiatan terlebih dulu mendata dan pada Februri 2019 sifatnya hanyalah pengawasan.

“Bahkan rencana Maret 2019 sudah ada jadwal ke pasar Gambut. Memang tidak jalan setiap hari tetapi melayani saat ada permintaan, pelayanan bisa ke SPBU-SPBU, bisa pula langsung ke pasar-pasar untuk tera timbangannya,” imbuhnya, Minggu (10/9/2019).

Terpisah, Kabud Perdagangan Disperindag Banjar, Feryansyah mengatakan, mobil Unit Layanan tera tidak akan lama lagi akan dioperasionalkan, memenuhi permintaan dari pedagang-pedagang di pasar-pasar. Pihaknya sudah menyiapkan tenaga honorer sebagai sopir mobil itu, bahkan tenaga ahli sudah siap.

Baca: Reaksi Tak Terduga Jan Ethes Lihat Tingkah Rafathar Saat Raffi Ahmad-Nagita Slavina Kunjungi Jokowi

Baca: Penjelasan Menohok Syahrini Soal Teman Makan Teman Luna Maya dalam Pernikahan Reino Barack

“Pelayanan tera ke pasar, sudah siap semuanya untuk memenuhi permintaan pedagang melakukan tera timbangannya,” tambahnya.

Sebelumnya pada November 2018 lalu Bupati Banjar, H Khalilurrahman seusai upacara Senin di halaman Pemkab Banjar didampingi Sekda Banjar, H Nasrun Syah menyerahkan mobil Unit Berjalan kepada Disperindag Kabupaten Banjar.

Bupati berharap dengan adanya mobil tersebut, tidak ada lagi kecurangan-kecurangan sehingga bisa berlaku hukum dagang yang sesuai ajaran Islam.

(Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved