Haul Guru Sekumpul

Nasi Samin Sudah Tradisi Di Haul Sekumpul. Warga Konsisten Pakai Minyak Samin Cap Onta

Nasi ini dibagikan secara gratis oleh warga yang disediakan swadaya dan sumbangan masyarakat kepada jemaah yang datang.

Nasi Samin Sudah Tradisi Di Haul Sekumpul. Warga Konsisten Pakai Minyak Samin Cap Onta
banjarmasinpost.co.id/nurholis huda
Marketing Director Upfield Indonesia, Wilya Suwito ikut mengaduk nasi samin bersama warga di Sekumpul Martapura, Minggu (10/3/2019). 

BANJARMASIN POST.CO.ID, MARTAPURA - Gelaran Haul ke-14  Guru Sekumpul KH Zaini Abdul Ghani atau yang akrab disapa Guru Sekumpul di Martapura Kabupaten Banjar selalu identik dengan nasi samin.

Nasi ini dibagikan secara gratis oleh warga yang disediakan swadaya dan sumbangan masyarakat kepada jemaah yang datang.

Tidak terkecuali di Gelaran Haul ke-14 Guru Sekumpul di Kabupaten Banjar tahun ini. Nasi samin menjadi menu utama jemaah yang dilaporkan kepanitiaan sampai dua juta jemaah.

Minggu (10/3/2019) pagi pengolahan nasi tersebut dilakukan. Terdapat puluhan warga bantu dan bahu membahu untuk memasak nasi samin di dapur umum. Total ada sepuluh dapur umum besar yang terkoordinir. Satu di antaranya berada di gang Sempurna.

Baca: Warung Makan Inces Bagikan 3.680 Nasi Kotak Buat Jemaah Haul Guru Sekumpul di Jalan A Yani Km 5.8

Baca: Warga Kompleks Rina Karya Bagikan BBM Gratis Bagi Jemaah Haul Guru Sekumpul di SPBU Km 5

Baca: Tiap Desa di HST Siapkan Rest Area Untuk Jemaah Haul Guru Sekumpul, Polres HST Bagi Ribuan Roti

Kokrdinator dapur umum sekaligus Ketua Rw 02, Gang Sempurna Kelurahan Tanjung Rema Darat, Kabupaten Banjar, H Muhammad menjelaskan bahwa di dapur umum Sempurna mempu sediakan 17.000 bungkus.

"Kita gunakan nasi samin ini karena dari dapur induk Sekumpul juga menggunakan nasi samin. Dapur umum lainnya  juga mengikuti pakai minyak samin cap onta. Tidak ada di luar nasi samin dan yang digunakan adalah nasi samin cap onta," kata H Muhammad.

Dipilih minyak samin cap onta, karena kualitasnya tiada tanding dan memang bagus. "Aromanya wangi kalau gunakan minyak samin cap onta itu. Itulah khas makanan kami," kata H Muhammad.

H Jurjani warga lainnya, menjelaskan satu kaleng dua kilo minyak samin itu untuk dimasak untuk satu blak beras atau 20 liter beras. "Atau sebanding dengan makan nasi bungkus sebanyak 150 porsi," kata Jurjani.

Di momen haul ini Jurjani di gapur umum Gang Sempurna habis 120 kaleng minyak samin. "Jika diperkirakan sampai 10 dapur umum total ada sekitar 18.000 kaleng 3000 karton yang didrop sejak sebulan lalu," tandas Jurjani.

Baca: Haul Guru Sekumpul, SIM Keliling Polda Kalsel Buka Layanan 72 Jam di Martapura, Jemaah Ikut Antre

Baca: Firdaus Sudah Tiga Tahun Digratiskan Belasan Ribu Nasi Samin Bagi Jamaah Haul Guru Sekumpul

Baca: Dapur Taufik Sembelih 35 Sapi dan 1.200 Bungkus Nasi untuk Jemaah Haul ke-14 Guru Sekumpul

Dia memilih langganan minyak samin cap onta karena kualitasnya top dan sudah tradisi turun menurun. "Kurang afdol jika bukan nasi samin cap onta. Karena sudah dari awal nasi samin kita pakai nasi samin dan minyaknya minyak samin cap onta," kata Jurjani.

Marketing Director Upfield Indonesia, Wilya Suwito yang didampingi oleh Ace Supriyatna, Brand Manager dan
Judith Salim, Business Development Manager Minyak Samin Cap Onta bersyukur masyarakat sudah mempercayakan kepada brand yang sudah turun menurun melekat di hati masyarakat dan warga sekitar.

Marketing Director Upfield Indonesia, Wilya Suwito ikut mengaduk nasi samin bersama warga di Sekumpul Martapura, Minggu (10/3/2019).
Marketing Director Upfield Indonesia, Wilya Suwito ikut mengaduk nasi samin bersama warga di Sekumpul Martapura, Minggu (10/3/2019). (BANJARMASINPOST.co.id/nurholis huda)

"Kami berusaha terus meningkatkan kualitas dan memerlukan saran dari pelanggan. Terlebih ketika haul Sekumpul yang didatangi oleh jutaan jemaah ini juga menggunakan nasi samin yang menjadi ciri khas warga sekitar ketika ada acara kumpul bersama," kata Wilya Suwito.

Dia berharap minyak samin cap onta yang setiap tahun di momen haul menjadi bagian dari konsumsi masyarakat dapat terjalin lekat dan barokah untuk semuanya termasuk kepada jemaah haul. (banjarmasinpost.co.id /lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved