Haul Guru Sekumpul

Pelajar Turut Sibuk di Dapur Umum, Bagian Ini yang Dilakukan saat Haul Guru Sekumpul

Relawan haul ke-14 Anah Guru Sekumpul tak cuma kalangan dewasa. Tapi, juga cukup banyak yang berasal dari kalangan remaja, seperti pelajar.

Pelajar Turut Sibuk di Dapur Umum, Bagian Ini yang Dilakukan saat Haul Guru Sekumpul
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Jemaah Haul ke-14 Guru Sekumpul menyesaki badan Jalan Sekumpul, Martapura, Kabupaten Banjar, untuk menunaikan salat maghrib, Sabtu (9/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Relawan haul ke-14 Anah Guru Sekumpul tak cuma kalangan dewasa. Tapi, juga cukup banyak yang berasal dari kalangan remaja, seperti pelajar.

Bahkan tak cuma kalangan pelajar dari wilayah Kota Martapura saja atau dari kecamatan di Kabupaten Banjar. Lebih dari itu juga ada yang berasal dari kabupaten lain.

Di antaranya dari Kabupaten Baritokuala (Batola). Setidaknya ada dua pelajar dari Batola yang turut bergabung menjadi relawan pada haul ke-14 Abah Guru Sekumpul.

Dia adalah M Hidayat siswa kelas 11 SMKN 2 Marabahan dan Junaidi dari sekolah menengah atas di Marabahan. "Jumat sore kami berdua berangkat dari Marabahan berboncengan pakai sepeda motor," tutur Hidayat, Minggu (10/03/2019).

Baca: Hasil Kualifikasi Moto2 Qatar 2019, Marcel Schrotter Terdepan, Dimas Ekky Start ke-31

Baca: Jemaah Haul ke-14 Guru Sekumpul Meningkat, Jalan Sekumpul Padat, Ini Himbauan Kapolres Banjar

Ia dan temannya langsung menuju tempat inap di Pangeran Hidayatullah. Di tempat ini, mereka menginap di salah satu ruangan gedung Taman Kanak-kanak.

Di tempat tersebut Hidayat dan Junaidi bergabung dengan pelajar lainnya yang sebagian besar berasal dari sejumlah pondok pesantren di Martapura. "Sekitar 100 orang kami yang ada di sini," sebutnya.

Hidayat menuturkan mereka secara bergantian membantu relawan di posko di lingkunga langgar yang berada tak jauh dari tempat mereka menginap atau berada di sekitar belakang rumah dinas Bupati Banjar. "Dekat saja, jadi kami jalan kaki saja," tandasnya.

Tugasnya bervariasi, ada yang kebagian membantu meracik bumbu, ada yang mencuci piring hingga mengemas makanan. "Saya paling sering kebagian tugas cuci piring," ucap Hidayat.

Pada puncak haul hari ini, Minggu (10/03/2019), mereka akan turun ke jalan di Jalan Pengeran Hidayatullah dan sekitarnya untuk membagikan makanan ringan kepada para jemaah yang lewat.

Lebih lanjut mengenai keterlibatannya dalam relawan haul, Hidayat mengaku atas keinginan sendiri. "Ada semacam panggilan hati untuk ikur bergabung. Lalu saya tanya-tanya dengan teman di Martapura dan langsung ikut gabung menjadi relawan. Alhamdulillah orangtua juga mendukung," pungkasnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved