Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : Bawaslu Kota Banjarbaru : Pemasangan APK di Area Jalan A Yani Salahi Aturan

Setelah melakukan konfirmasi, pihaknya mengetahui bahwa pemasangan APK di lokasi tersebut dilakukan oleh Tim Kampanye Daerah (TKD) 01 Provinsi Kalsel.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Terlepas siapapun pemilik dan pihak yang memasang Alat Peraga Kampanye (APK) Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden (Capres-Cawapres) Nomor Urut 01 di pinggir sebagian ruas Jalan A Yani, Banjarbaru, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) nyatakan hal tersebut salahi aturan.

Dalam Konferensi Pers yang digelar Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Senin (11/3/2019), Anggota Bawaslu Kota Banjarbaru, Normadina nyatakan lokasi tersebut dilarang dipasangi APK peserta Pemilu.

"Terkait dengan pemasangan APK 01 di titik yang dipasang kemarin merupakan titik yang dilarang menurut SK KPU Nomor 39 dan kami selaku tim penertiban di Kota Banjarbaru juga sudah memahami soal itu bahwa sepanjang area A Yani di bahu jalan itu tidak di perkenankan untuk dipasang APK dari peserta Pemilu," kata Normadina.

Ketua Bawaslu Kota Banjarbaru, Dahtiar menyatakan setelah melakukan konfirmasi, pihaknya mengetahui bahwa pemasangan APK di lokasi tersebut dilakukan oleh Tim Kampanye Daerah (TKD) 01 Provinsi Kalsel.

Baca: Sehari Relawan di Rest Area Seberang MTQ Kandangan Siapkan 5.000 Porsi Makanan, Sumbangan Warga

Baca: DLH Banjar, Relawan dan Pelajar Turut Serta Bersihkan Sampah Pasca Haul ke-14 Guru Sekumpul

"Dari hasil konfirmasi yang dilakukan Bawaslu Kota Banjarbaru, diketahui bahwa APK dipasang oleh TKD 01 dari Provinsi, bukan tim Pemenangan Kota Banjarbaru," kata Dahtiar.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Bawaslu Provinsi Kalsel, Azhar Ridhanie, menyatakan Bawaslu Kota Banjarbaru sudah layangkan surat peringatan kepada TKD 01 Kalsel untuk tertibkan APK tersebut paling lambat 1 x 24 jam.

"Tapi kalau kemudian dia (TKD 01 Kalsel) menyatakan bahwa itu bukan baliho dia tentu saja akan kami tertibkan segera, atau kalau dia tidak menertibkan kami yang akan tertibkan melalui Tim penertiban Bawaslu," kata Azhar.

Sebelumnya, marak beredar video di berbagai media sosial terpasangnya APK Pasangan Capres dan Cawapres Nomor Urut 01 di pinggir sebagian ruas Jalan A Yani tak jauh dari kawasan Bandara Syamsuddin Noor di Banjarbaru, Kalsel.

Video tersebut ramai beredar dan diperbincangkan masyarakat sejak Minggu (10/3/2019). (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved