Berita Tabalong

Satgas TNI Bantu Anak-anak di Kecamatan Haruai Kerjakan Tugas Sekolah dan Ajari Mengaji

Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1008/Tanjung masih terus berlanjut di Desa Hayup Kecamatan Haruai.

Satgas TNI Bantu Anak-anak di Kecamatan Haruai Kerjakan Tugas Sekolah dan Ajari Mengaji
HO/Kodim 1008 Tanjung
Anggota TNI di luar jam tugas melaksanakan program TMMD juga ikut berbaur dengan aktifitas warga. Satgas TMMD tampak mengajari anak anak mengaji dan mengerjakan tugas sekolah usai melaksanakan salat magrib. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-104 Kodim 1008/Tanjung masih terus berlanjut di Desa Hayup Kecamatan Haruai.

Sebagian warga yang tinggal di rumah warga juga semakin akrab dalam kekeluargaan.

Anggota TNI di luar jam tugas melaksanakan program TMMD juga ikut berbaur dengan aktifitas warga. Satgas TMMD tampak mengajari anak anak mengaji usai melaksanakan salat magrib.

Anak anak tampak antusias saat belajar mengaji, mengingat jarang bisa belajar dengan anggita tentara. Hal ini diharapkan juga menjadi motivasi anak anak untuk bisa terus semangat dalam belajar membaca Alquran.

Usai mengaji waktu luang juga digunakan Satgas TMMD untuk membantu anak anak mengerjakan tugas sekolah dari kantor.

Baca: Ketua Gapensi Kalsel Minta Pengusaha Terbuka Saat Memberikan Keterangan Kepada Penyidik KPK

Kegiatan ini bisa dilihat setiap hari, tak jarang bahkan ada anak anak yang sengaja mencari salah satu satgas TMMD untuk bertanya mengenai pelajaran sekolah.

Dandim 1008/Tjg Letkol Arm Edy Susanto mengatakan mengatakan keberadaan anggota TNI ditengah masyarakat diharapkan dapat memberi semangat baru yang positif bagi warga, termasuk untuk anak anak. "Jalinan kekeluargaan ini menambah kepercayaan warga terhadap anggota TNI," ujarnya, Senin (11/03/2019).

Dalam program TMMD ke 104 Kodim 1008 Tanjung pembangunan yang dilaksanakan adalah pembuatan jalan sepanjang 1.840 Meter dengan lebar 7 meter yang menghubungkan antara Desa Hayup dan Kampung Ribang 2, pengerasan badan jalan 945 M3, Drainase saluran air kanan kiri jalan sepanjang 2000 Meter, penyiringan kanan kiri jalan sepanjang 175 Meter, pemasangan gorong-gorong di 4 titik sepanjang jalan, renovasi tiga rumah tak layak huni, serta pembuatan jembatan beton panjang 2,5 x 2,5 Meter dan Rehap tiga buah rumah. Serta perbaikan pagar musola dan poskamling.

Baca: Kemacetan di Jalan Nasional Warnai Arus Balik Jemaah Haul ke-14 Guru Sekumpul

"Warga sekitar memberikan bantuan dalam pengerjaan fisik, sebagian anggota juga tinggal dirumah warga yang membuat mereka semakin akrab bagaikan semuah keluarga," ujarnya.

Program TMMD diharapkan dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat. Pemerintah pusat mengganggarkan Rp 1.6 miliar untuk enam paket program yang dilaksanakan secara swakelola oleh Kodim 1008/Tanjung. (Banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved