Ekonomi dan Bisnis

Biaya Umrah di Fajar Risma Tour Bisa Diangsur, Segini Tarif Per Bulannya

Selaku biro perjalanan haji, umrah dan wisata, PT Fajar Rizma Tour & Travel memberikan fasilitas program angsuran atau cicilan kepada calon jamaah.

Biaya Umrah di Fajar Risma Tour Bisa Diangsur, Segini Tarif Per Bulannya
HO/Fajar Risma
Para peserta tour mananegara bersama Fajar Rizma di Malaysia 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Besarnya biaya umrah kerap menjadi hambatan bagi umat Islam untuk menunaikan ibadah tersebut. Namun kini, ada program angsuran bagi masyarakat Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ingin berumrah.

Selaku biro perjalanan haji, umrah dan wisata, PT Fajar Rizma Tour & Travel memberikan fasilitas program angsuran atau cicilan kepada calon jamaah.

Dalam skema pembayarannya, agent travel ini bekerjasama dengan Bank CIMB Niaga Syariah. General Manager PT Rizma Tour & Travel, Boy Rahmadi Nafarin menjelaskan, ada dua kategori jamaah yang dapat melakukan angsuran umrah.

"Untuk nasabah CIMB Niaga Syariah bisa melakukan angsuran hingga 60 bulan, sedangkan non nasabah hingga 36 bulan. Tarifnya sama hanya saja yang membedakan tenor waktunya," jelas Boy kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Kesejahteraan ASN Kalsel Dibahas, Diharapkan Pensiun Harus Punya Wirasaha

Untuk tarif per bulan yang dibayarkan calon jamaah, tergantung besaran yang disepakati oleh pihak CIMB Niaga Syariah. Sebab pihak PT Rizma Tour & Travel sudah menjual dan melimpahkan ke pihak bank, sehingga bank langsung berurusan dan melalukan akad dengan pihak jamaah.

Paket yang diberikan PT Rizma Tour & Travel ada dua macam, yakni paket 1 Rp 20,5 juta untuk bintang 4 dan 3, dan paket 2 sebesar Rp 28,5 juta untuk bintang 5 dan 4.

"Harga tersebut kami jual ke pihak CIMB Niaga Syariah, kemudian dari pihak bank setelah dihitung laba dan lainnya maka per bulannya didapat nominal angsuran yang dibayar oleh jamaah flat hingga tenor waktu yang ditentukan," paparnya.

Mengenai respon dari masyarakat, diakui Boy cukup baik. Ada yang menerima namun ada pula yang menolak atau kurang setuju.

"Kami juga masih mengkaji, memastikan kepada sejumlah tokoh agama atau ustadz yang memahami ekonomi syariah, sehingga sistem angsuran ini baru secara resmi kami pasarkan Maret ini," ujar dia.

Baca: Icha Khawatir Tiket Makin Mahal, Pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 Sudah Diganti

Sementara itu, Castourindo Tour & Travel juga memberlakukan sistem angsuran bagi masyarakat yang ingin berumrah.

"Kami bekerjasama dengan pihak BNI Syariah dan Bank Kalsel Syariah. Kami serahkan ke pihak bank, setelah itu jamaah melakukan akad ke Bank," tutur Branch Manager Castourindo Tour & Travel, Fachmi Faisal. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved