Ekonomi dan Bisnis

Kurma Madu Paling Laris, Dibanderol Seharga Rp 80 Ribuan di Pasar Sudimampir Banjarmasin

Di Pasar Sudimampir tepatnya kios-kios yang berada di pinggir jalan, banyak terdapat pedagang yang menjual buah kurma.

Kurma Madu Paling Laris, Dibanderol Seharga Rp 80 Ribuan di Pasar Sudimampir Banjarmasin
banjarmasinpost.co.id/mariana
Penjualan kurma di Pasar Sudimampir 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Di Pasar Sudimampir tepatnya kios-kios yang berada di pinggir jalan, banyak terdapat pedagang yang menjual buah kurma.

Berdasarkan pantauan Banjarmasinpost.co.id, buah yang berasal dari Timur Tengah ini cukup diminati oleh konsumen yang berbelanja di kawasan Pasar Sudimampir tersebut, Selasa (12/3/2019).

Satu di antara pembeli kurma, Aminah mengatakan, dia kerap menyempatkan beli kurma saat berbelanja keperluan lain di Pasar Sudimampir.

"Saya rutin setiap dua sampai tiga minggu sekali ke Pasar Sudimampir, selain membeli barang-barang hijab yang saya jual kembali, saya juga sering beli kurma untuk dikonsumsi bersama keluarga. Kami paling suka kurma jenis madu," ujar dia kepada Banjarmasinpost.co.id.

Kurma madu tersebut dijual seharga Rp 70.000-80.000 per kilogram di toko Hj Erma Pasar Sudimampir.

Baca: Semua Sampah Haul ke-14 Guru Sekumpum Diangkut ke Tempat Ini, DLH Kerahkan Armada

Dituturkan karyawan di toko tersebut, Rif'an, kurma madu memang jenis yang paling banyak dicari oleh konsumen. Menurutnya, tekstur kurma madu lebih tebal dan kenyal, rasanya juga cukup manis.

Selain kurma madu, di tempatnya juga menjual kurma mesir dipatok Rp 50.000, kurma madinah seharga Rp 70.000, kurma lulu Rp 70.000, kurma palm frut atau kurma tangkai Rp 100.000, dan kurma syafawi Rp 120.000.

Diakuinya, setiap hari lebih dari 10 pembeli datang berbelanja kurma meskipun persaingan cukup banyak di antara sesama pedagang kurma di Pasar Sudimampir.

"Tidak ada promo khusus seperti di toko, paling masih bisa tawar-menawar bagi pembeli yang beli kurma dalam jumlah banyak," kata dia.

Penjualan kurma di Pasar Sudimampir Banjarmasin.
Penjualan kurma di Pasar Sudimampir Banjarmasin. (BANJARMASINPOST.co.id/mariana)

Kurma-kurma tersebut dibeli dari sejlah agen yang ada di Banjarmasin, namun jika stok lokal kosong maka pihaknya mendatangkan dari Pulau Jawa.

Hal yang sama juga dilakukan Toko Sumber Buah HSB, selain menjual berbagai macam buah segar produk lokal dan impor, toko ini juga menjual kurma berbagai jenis yang didatangkan dari luar pulau.

"Kami mendatangkan kurma langsung dari Surabaya, ada yang dijual per kilo ada pula yang dalam kemasan 500 gram, yang paling laku jenis kurma barari dari Iran kemasan 500 gram," jelas, karyawan Toko Sumber Buah HSB, Utuh.

Baca: TKD Jokowi-Maruf Kalsel Nilai Tindakan Bawaslu Kota Banjarmasin Tak Netral

Diuraikannya, kurma barari tersebut seharga Rp 50.000 per kemasan, ada juga kurma mesir seharga Rp 60.000, kurma madu kering dan basah seharga Rp 100.000.

Juga ada varian kurma unggul dari Iran, yakni kurma ajwa super seharga Rp 100.000 per kilo. Selain Iran, ada juga kurma Tunisia yang dijual di toko tersebut.

"Setiap hari sekitar 10 orang pasti ada yang datang membeli, kalau untuk peningkatan penjualan selalu setiap ramadan, karena itu kami selalu menambah cadangan stok kurma saat bulan tersebut," pungkasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved