Berita Tabalong

NEWSVIDEO : TMMD Kodim 1008 /Tanjung Rehap Ruang Kelas SDN Danau Desa Hayup Kecamatan Haruai

Bagaimana tidak sejak satu tahun terakhir kerusakan ruang kelas VI semakin parah. Terutama bagian atap yang rudah banyak yang rusak.

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Afiatul Hasanah satu dari delapan siswa kelas VI SDN Danau Desa Hayup Kecamatan Haruai terpaksa harus memindah meja dan kursi yang ditempatinya saat turun hujan.

Bagaimana tidak sejak satu tahun terakhir kerusakan ruang kelas VI semakin parah. Terutama bagian atap yang rudah banyak yan

Baca: Wajib Baca, Begini Trik Agat Membuat Paspor Lancar dan Cepat

g rusak.

Beruntung saat ini Kodim 1008/Tanjung melalui TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke 104 melakukan perbaikan atau rehap ruang kelas. Dimana saat ini anggota TNI masih dalam proses pemasangan atap dan dinding ruang kelas baru.

SDN Danau saat ini memiliki 70 siswa dalam 7 lokal, selain anak anak dari Desa Hayup ada juga yang dari desa lain. Meski jalan sepi dan cukup jauh anak anak masih bersemangat sekolah. Sungguh disayangkan jika semangat belajar yang tinggi ini tidak diimbangi dengan fasilitas pendidikan yang memadai.

Wali Kelas VI Aslamiah mengatakan bangunan sekolah sudah dibangun sejak 1980 dan telah dilakukan renovasi daua kali pada tahun 2002 yaitu perbaikan atap dan dinding. Sedangkan pada tahun 2009 dilakukan perbaikan toilet.

"Dana BOS hanya mampu untuk membayar tenaga honorer dan membeli alat tulis kantor," ujarnya.

Dandim 1008/Tjg Letkol Arm Edy Susanto mengatakan perbaikan ruang kelas SDN Danau berupa penggantian atap dan dinding ini menjadi bentuk kepedulian TNI dalam dunia pendidikan, diharapkan dengan adanya perbaikan ini siswa bisa lebih nyaman saat mealkukan proses belajar mengajar.

Melalui program TMMD ke 104 di Desa Hayup Kecamatan Haruai program ini dilaksanakan secara swakelola.

"Kami sengaja memilih material langsung meskipun warga ada yang ingin membantu material, karena kami berharap perbaikan ini dilakukan bukan hanya mengejar program TMMD melainkan bisa dinikmati dalam jangka waktu lama oleh pihak sekolah," ujarnya dalam kunjungannya langsung ke sekolah, Jumat (08/03/2019).

Baca: Jadwal Siaran Langsung PSM Makassar vs Lao Toyota FC di MNC TV Piala AFC 2019 Grup H Rabu (13/3)

Dalam program TMMD ke 104 Kodim 1008 Tanjung pembangunan yang dilaksanakan adalah pembuatan jalan sepanjang 1.840 Meter dengan lebar 7 meter yang menghubungkan antara Desa Hayup dan Kampung Ribang 2, pengerasan badan jalan 945 M3, Drainase saluran air kanan kiri jalan sepanjang 2000 Meter.

Penyiringan kanan kiri jalan sepanjang 175 Meter, pemasangan gorong-gorong di 4 titik sepanjang jalan, renovasi tiga rumah tak layak huni, serta pembuatan jembatan beton panjang 2,5 x 2,5 Meter dan Rehap tiga buah rumah.

Serta perbaikan pagar musola dan poskamling. Untuk perbaikan ruang belajar memang menjadi program tambahan karena keprihatinan Kodim 1008/Tanjung akan kondisi sekolah.(banjarmasinpost.co.id/Reni Kurniawati)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved