Berita Kabupaten Banjar

Penggantian Pipa PDAM Intan Banjar di Mentaos, Akibat Permukaan Tergores Kuku Alat Berat

Pekerjaan adanya galian itu menyebabkan kemacetan di Jalan Mentaos, terutama pada jam sibuk seperti pagi hari, Selasa (12/3).

Penggantian Pipa PDAM Intan Banjar di Mentaos, Akibat Permukaan Tergores Kuku Alat Berat
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Penggantian pipa di Jalan Mentaos Banjarbaru timbulkan kemacetan, Selasa (12/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA — Kesekian kalinya, kembali ada pekerjaan penggalian pipa PDAM di Jalan Mentaos Banjarbaru, berbatasan dengan Sungaiparing Martapura Kabupaten Banjar. Pekerjaan adanya galian itu menyebabkan kemacetan di Jalan Mentaos, terutama pada jam sibuk seperti pagi hari, Selasa (12/3/2019).

Seorang pengguna jalan, Noor mengatakan, seingatnya sudah pernah ada penggalian pipa PDAM di Jalan Mentaos. Namun saat mengantarkan anaknya sekolah di SDIT Rabbani kembali melihat ada galian pipa PDAM Intan Banjar dan menyebabkan kemacetan.

“Ada penggalian lagi, sehingga jalan ke sekolah anak macet. Padahal seingat saya sudah pernah juga ada penggalian, ada penggalian lagi apakah ada sesuatu mungkin,” katanya.

Kasubag Hukum dan Humas PDAM Intan Banjar, Untung Hartaniansyah ketika dikonfirmasi membenarkan ada pekerjaan di Jalan Mentaos. Yakni ada perbaikan pipa distribusi utama (PDU) Bandara Syamsudin Noor, nantinya akan dikembalikan lagi.

“Mudah-mudahan pekerjaan perbaikan pipa sore ini sudah selesai. Selama ada pekerjaan otomatis beberapa pelanggan kami mengalami gangguan distribusi air PDAM,” jelasnya.

Baca: Selain Sawit dan Karet, Pemkab Banjar Mulai Kembangkan Komoditas Ini

Dia menjelaskan, pekerjaan pipa distribusi utama di Jalan Mentaos Banjarbaru sudah dimulai pada Senin (11/3) pukul 09.00 wita. Beberapa pelanggan yang terdampak, Kompleks Listrik I, Kompleks Peternakan Ambulung, Kompleks Clause Reppe, Berlina Jaya, Kompleks Surya Indah, Kompleks Hero Puskopad, Kompleks Kehutanan, Kompleks Mustika Indah.

Selanjutnya pelanggan di Kompleks Graha Indah, Kompleks Loktabat Permai, Kompleks Chandra Utama, Jalan A Yani dari RO Ulin sampai Cocacola, RO Ulin Jalan Karet, Jalan Sidodadi, Jalan Karang Rejo, Sapta Marga, Bina Putra, Guntungmanggis, Benawa Indah, belakang Zinpur, belakang Cocacola, dan belakang Asrama Haji.

“Bagi pengguna Jalan Mentaos agar dimohon untuk berhati-hati berkendaraan di jalur penggalian dan manajemen mohon maaf terganggunya lalu lintas di Jalan Mentaos,” himbau Untung.

Pelaksana Proyek melalui Koordinator Lapangan, Haryanto mengatakan, sehubungan dengan pelaksanaan pipa PDAM diameter 500 milimeter, harus terpenuhi kualitas dan kuantitas, maka setelah proyek selesai satu minggu yang lalu pihaknya telah melakukan opname atau pemeriksaan secara total pipa yang panjangnya dari hutan pinus sampai dengan Pondok Mangga dengan panjang sekitar 7.100 meter, terdiri dari pipa diameter 500 milimeter dan 150 milimeter.

Baca: Pintu Masuk Kotabaru Tak Terawat, Tuga Kapal dan Ikan Todak Ditumbuhi Rumput Liar

“Khusus di Jalan Mentaos Banjarbaru, akibat dari sempitnya jalan kadang-kadang terjadi kemacetan lalulintas khususnya dekat kompleks sekolah Rabbani pada jam sibuk, maka dampaknya sering dilakukan pemindahan dan penggeseran pipa menggunakan alat. Akibat pergeseran itulah permukam pipa ada yang tergores terkena kuku alat berat berupa eksavator,” jelasnya.

Ditemui dilapangan, menurut Haryanto, oleh karena itulah berdasarkan analisa koordinator lapangan dan kesepakan bersama akhirnya dilakukan penggantian pipa sebagian kecil, utamanya di Jalan Mentaos tersebut.

Saat ini masih dalam proses penggantian pipa dan dengan demikiam diharapkan tidak ada lagi keluhan tentang kemacetan, karena jangan sampai melakukan penggeseran pipa dengan menggunakan alat berat lagi.

“Kami memohon masyarakat setempat dan pengguna jalan bersabar sampai pipa tertanam lagi,” imbuh Haryanto.

Dia menjelaskan, secara kontraktual, waktu pelaksanaan akan berakhir pada 21 Maret 2019 mendatang. Penggantian pipa dikarenakan khawatir nantinya begitu tertanam ada yang bocor sehingga penggantian pipa sebagai bentuk pertanggungjawaban PT Kartika Ekayasa sebagai pelaksana pekerjaan.

“Pelaksanaan penggatian sengaja dilakukan setelah selesai acara Haul ke 14 Abah Guru Sekumpul, semua perbaikan Drainase menjadi tanggung jawab PT Kartika Ekayasa. Kami tetap berkomitmen agar proyek dapat terpenuhi secara kualitas dan kuantitas,” tambahnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved