Pilpres 2019

Relawan di Banjarmasin Sebut Pelipatan Surat Suara Capres - Cawapres di Pilpres 2019 Lebih Mudah

Relawan di Banjarmasin Sebut Pelipatan Surat Suara Capres - Cawapres di Pilpres 2019 Lebih Mudah

Relawan di Banjarmasin Sebut Pelipatan Surat Suara Capres - Cawapres di Pilpres 2019 Lebih Mudah
banjarmasin post group/ isti rohayanti
Pelipatan surat suara Capres - Cawapres di Kompleks Taman Budaya Kalsel, Selasa (12/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Relawan di Banjarmasin Sebut Pelipatan Surat Suara Capres - Cawapres di Pilpres 2019 Lebih Mudah

Pelipatan surat suara Pemilu 2019 untuk Kota Banjarmasin sudah pada tahap pelipatan surat suara Capres dan Cawapres di Pilpres 2019.

Untuk surat suara tersebut Capres - Cawapres di Pilpres 2019, pelipatan dianggap lebih mudah, karena hanya perlu dua kali lipat.

Dalam proses tersebut, ada sekitar 227 boks surat suara yang dilipat. Diperkirakan pelipatan surat suara Capres - Cawapres di Pilpres 2019 itu akan selesai dalam waktu dua hari.

Kasubag Ruangan Umum dan Logistik KPU Kota Banjarmasin Zaran mengatakan, proses pelipatan surat suara Capres - Cawapres di Pilpres 2019 kali ini lebih cepat sehari dari prediksi. Sehingga memungkinkan selesai lebih awal juga.

Baca: Ramai Teman Makan Teman Antara Syahrini, Reino Barack dan Luna Maya, Ini Kata Ustadz Abdul Somad

Baca: Komentar Menohok Istri Irwan Mussry, Maia Estianty Soal Penggoda, Sindir Mulan Jameela & Syahrini?

Baca: Reaksi Tak Terduga Agnes Mo Saat Foto Akrab Wijaya Saputra dan Wanita Diduga Gisella Anastasia Viral

Baca: Pernyataan Pertama Zinedine Zidane Soal Cristiano Ronaldo Usai Resmi Jadi Pelatih Real Madrid

"Setelah selesai ini, kami akan melakukan pelipatan surat suara DPRD Kota Banjarmasin yang dilipat PPK dan PPS," ucap Zaran, saat ditemui di lokasi pelipatan surat suara di Gedung Warga Sari, Komplek Taman Budaya Kalsel, Banjarmasin, Selasa (12/3/2019).

Sebelumnya pelipatan surat suara DPD RI dan DPRD Provinsi Kalsel juga telah dilakukan. Khusus surat suara DPRD Provinsi Kalsel telah ditemukan 247 surat suara yang rusak.

Kerusakan tersebut ucap Zaran karena adanya yang sobek, bercak, berlubang dan ada pula yang tidak simetris. Namun surat suara yang tidak simetris dianggap masih meragukan apakah bisa digunakan atau tidak. Telebih bentuk percetakan pun tidak ada kerusakan selain pemotongan kertas surat suara yang tidak rata.

Baca: Daftar 4 Klub yang Diduga Kecewa Usai Zinedine Zidane Resmi Jadi Pelatih Real Madrid, Ada Man United

Baca: 5 Fakta Pembebasan Siti Aisyah, Terduga Pembunuh Saudara Tiri Pimpinan Korut Kim Jong Un

"Kemaren sudah dilaporkan ke KPU Provinsi Kalsel. Kami juga bertindak cepat. Setelah rekap dilakukan langsung dilaporkan," ucapnya.

Sebagaimana diketahui, pelipatan surat suara berlangsung sejak awal Maret 2019 kemaren. Lebih dari 100 relawan dilibatkan pada proses pelipatan tersebut. Jam kerja pun dibagi menjadi dua shift, yakni sejak pukul 08.00 wita hingga pukul 16.00 wita. Kemudian disambung Pukul 16.00 wita hingga pukul 00.00 wita.

Ketika proses pelipatan, surat suara juga langsung disortir. Sehingga oleh para relawan apabila ditemui surat suara yang rusak, langsung dimasukan pada kotak yang disediakan.

(banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Rendy Nicko
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved