Ekonomi dan Bisnis

Tiket Garuda Hanya Dijual di Agen Besar Jakarta, Agent Tour di Banjarmasin Akui Keberatan

Kebijakan baru dari Direksi Garuda Indonesia mengenai penjualan tiket umrah menjadi menuai kontroversi.

Tiket Garuda Hanya Dijual di Agen Besar Jakarta, Agent Tour di Banjarmasin Akui Keberatan
Garuda Indonesia
Pesawat Boeing 737 MAX 8 telah dioperasionalkan oleh Garuda Indonesia, di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (7/1/2018) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kebijakan baru dari Direksi Garuda Indonesia mengenai penjualan tiket umrah menjadi menuai kontroversi.

Garuda Indonesia telah menunjuk 4 agen besar di Jakarta untuk melayani penjualan tiket penerbangan umrah. Keempat biro perjalanan tersebut adalah NRA, Maktour, Kanomas dan Wahana.

Adanya kebijakan tersebut, Direktur Utama PT Albis Nusa Wisata, Utami Dewi, mengatakan, pihaknya sudah tidak bisa memesan tiket secara langsung kepada Garuda Indonesia cabang Banjarmasin.

Untuk mendapatkan tiket, para pengusaha biro haji dan umrah lokal harus melakukan pembelian kepada agen yang ditunjuk tersebut dengan selisih harga yang lebih mahal.

"Ini sangat berimbas besar kepada kami agen daerah. Jadi kami agen umroh disini juga tidak bisa melakukan pembukuan, booking, dan beli tiket Garuda di kantor cabang banjarmasin," ungkap Dewi sapaanya, kepada Banjarmasinpost.co.id.

Baca: Icha Khawatir Tiket Makin Mahal, Pesawat jenis Boeing 737 MAX 8 Sudah Diganti

Selain itu, ditambahkan dia, per 1 Maret 2019 Garuda Indonesia juga merilis harga baru yang mana kenaikan harganya mencapai Rp 2,4 jutaan untuk rute PP Banjarmasin-Jeddah.

"Terpaksa kami harus tinggalkan Garuda saat ini. Karena sulitnya membeli dan harga menjadi sangat melambung," imbuh Dewi.

Sementara ini, diakuinya jemaah Albis Nusa Wisata khususnya sebagian di berangkatkan dengan menggunakan maskapai penerbangan lain seperti Saudia Airlines, Emirates atau Etihad.

Dia pun berharap, pihak pemerintah dapat bertindak dan mendengar aspirasi para agen agar tidak terjadi monopoli dalam penjualan tiket umrah Garuda.

"Rencana kami akan gelar konferensi pers melibatkan sejumlah agen lainnya, Kaltrabu, Wahdan, Altaif dan lain-lain dan juga pihak Garuda mengenai hal ini," tukasnya. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved