Berita Kabupaten Banjar

Bantu Angkut Sampah Haul, Pemko Banjarbaru Kerahkan Belasan Dump Truk dan Alat Berat Ini

Banyaknya volume sampah haul di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), turut menjadi perhatian Pemerintah Kota Banjarbaru.

Bantu Angkut Sampah Haul, Pemko Banjarbaru Kerahkan Belasan Dump Truk dan Alat Berat Ini
Gusti Marhusin untuk banjarmasinpost.co.id
LEMBUR - Petugas kebersihan dan relawan lembur hingga dinihari mengevakuasi sampah haul dari sejumlah lokasi ke area transit di Jalan Pendidikan, beberapa hari lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Banyaknya volume sampah haul di Kota Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), turut menjadi perhatian Pemerintah Kota Banjarbaru.

Sebagai daerah tetangga, Pemko Banjarbaru pun tak ingin hanya jadi penonton. Mereka turut membantu Pemkab Banjar membersihkan sampah haul tersebut.

"Sejak kemarin (Selasa) kami turun. Kami dapat bagian mengangkut tumpukan sampah di area transit utama sampah di Jalan Pendidikan,, Kelurahan Sekumpul," ucap Kasi Pelayanan Kebersihan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Banjarbaru, Manroni, Rabu (13/03/2019).

Di temui di sela pembersihan sampah di area transit sampah di Jalan Pendidikan, Manroni menuturkan pihaknya mengerahkan 14 unit dump truk dan satu unit wheel loader. Ini adalah alat berat yang berfungsi untuk mendorong (menyatukan sampah) lalu mengangkat dan memindahkan ke bak dump truk.

Baca: 16 Negara Ini Larang Terbang Boeing 737 Max 8, Pascajatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines Minggu

Personel yang dikerahkan pun lumayan banyak yakni 40 orang. "Alhamdulillah siang ini sampah di transit utama di Jalan Pendidikan sudah beres. Semua sudah terangkut ke TPA Regional di Gunung Kupang, Kecamatan Cempaka, Banjarbaru," jelas Manroni didampingi Lurah Sekumpul Gusti Marhusin.

Ia menyebutkan volume sampah yang dievakuasi dari area transit di Jalan Pendidikan tersebut cukup banyak sekitar 30 ret. Tiap ret volumenya sedikitnya tiga ton. "Totalnya tak kurang dari 150 ton," tandasnya.

MELUBER - Onggokan sampah meluber di area transit kedua di bahu tanggul saluran irigasi, Sekumpul, Martapura, Rabu (13/03/2019).
MELUBER - Onggokan sampah meluber di area transit kedua di bahu tanggul saluran irigasi, Sekumpul, Martapura, Rabu (13/03/2019). (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

Lurah Sekumpul Gusti Marhusin menuturkan sampah di area transit di Jalan Pendidikan berasal dari sampah haul yang ada di kawasan Sekumpul. Sengaja diletakkan di lokasi transit guna memudahkan pengangkutannya ke TPA Regional di Banjarbaru.

"Kemarin itu petugas kebersihan bersama relawan lembur hingga dinihari pukul 03.00 Wita mengangkut sampah dari sejumlah lokasi ke area transit tersebut," jelasnya.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved