Berita HSS

Pemkab HSS Beri Layanan Bus Antar Jemput Gratis Pasien Cuci Darah di Daha, Masyarakat Doakan Bupati

Pemkab HSS terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat yang bermukim di Kecamatan Daha, yang meliputi Daha Selatan, Daha Utarta dan Daha Barat.

Pemkab HSS Beri Layanan Bus Antar Jemput Gratis Pasien Cuci Darah di Daha, Masyarakat Doakan Bupati
HO/Dinas Kominfo HSS
Bus yang siap antar jemput pasien cuci darah ke Rs H Hasan Basry Kandangan, dari Kecamatan Daha Barat, Utara dan Selatan 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan terus meningkatkan pelayanannya kepada masyarakat yang bermukim di Kecamatan Daha, yang meliputi Daha Selatan, Daha Utarta dan Daha Barat.

Jika Februari lalu menyediakan kapal Fery penyeberangan gratis, kali ini pelayanan diberikan untuk para pasien yang menderita penyakit gagal ginjal dan rutin melaksanakan cuci darah ke Rs H Hasan Basry Kandangan.‎

Para pasien diberikan pelayanan bus angkutan gratis antar jemput, saat melaksanakan jadwal rutin mereka di ruang hemodialisa rumah sakit tersebut. Untuk memudahkan pelayanan, jadwal bus pun menyesuaikan jadwal pasien yang harus melakukan cuci darah, berdasarkan data hemodialisa pasien cuci darah asal Daha, yang dikenal dengan sebutan Nagara tersebut.

"Jadwalnya cuci darahnya Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat dan Sabtu, ada yang pagi dan sore. Dengan jumlah pasien 22 orang. Mereka berasal dari desa-desa di tiga kecamatan tersebut,"kata Camat Daha Selatan, Akhmad Sapuan, dikonfirmasi Rabu (13/3/2019).

Baca: Taiwan Education Center Gelar Pameran 12 Universitas Terkemuka di Taiwan Sediakan Jalur Beasiswa

Dijelaskan, pelayanan bus antar jemput gratis bagi pasien cuci darah tersebut, telah dilaksanakan sejak 6 Maret lalu dan sampai sekarang fasilitas bus itu dimanfaatkan para pasien dan keluarga pendamping pasien yang mengantar ke Kandangan.

Sebelumnya, pasien menggunakan angkutan umum, atau mengupayakan sarana transportasi sendiri. Atas tersedianya fasilitas tersebut disambut gembira keluarga pasien yang biasanya mengantar anggota keluarganya menggunakan angkutan umum taksi.

"Alhamdulillah, kebijakan memberikan pelayanan bus gratis ini sangat membantu kami membawa orangtua yang rutin dua kali seminggu harus ke RS Hasan Basry Kandangan. Sebab, kalau naik angkutan umum mengeluarkan biaya. Sedangkan naik sepeda motor tidak memungkinkan, karena cukup melelahkan bagi pasien,"ungkap salah satu keluarga pasien dari Desa Tambangan , Daha Selatan.

Jarak dari Nagara ke Kandangan, terjauh Daha Barat sekitar 35 kilometer. Untuk menumpang bus khusus pasien hemodialisa tersebut, pasien berkumpul di halaman Rs Daha Sejahtera, rumah sakit pratama, yang kini statusnya menjadi rumah sakit tipe C di Daha Selatan.

Baca: BNN Banjarbaru Amankan Ibu Rumah Tangga di Landasan Ulin Simpan Sabu dan Ekstasi

Bupati HSS H Achmad Fikry menyatakan, bus angkutan khusus pasien, merupakan komitmen pemerintah Kabupaten HSS dalam memberikan pelayanan masyarakat tanpa membedakan masyarakat yang dilayani.

Menurutnya, fasilitas tersebut disediakan melalui Dinas Kesehatan dengan tujuan mempermudah dan meringankan biaya transportasi bagi pasien dari Daha yang mau tidak mau harus rutin melaksanakan cuci darah sesuai jadwal yang ditetapkan pihak rumah sakit ke Kandangan.

Pasien cuci darah dari Daha  memanfaatkan fasilitas bus gratis bantuan Pemkab HSS, Rabu (13/3/2019) untuk berobat ke Rs H Hasan Basry Kandangan.
Pasien cuci darah dari Daha memanfaatkan fasilitas bus gratis bantuan Pemkab HSS, Rabu (13/3/2019) untuk berobat ke Rs H Hasan Basry Kandangan. (HO/Dinas Kominfo HSS)

"Kami akan terus tingkatkan pelayanan kepada masyarakat, termasuk pelayanan bisang kesehatan sehingga ke depan lebih baik,"kata Fikry saat menghadiri Launching sekaligus syukuran pelayanan bus antar jemput gratis khusus pasien cuci darah di wilayah Daha ke RS H Hasan Basry di Rs Daha Sejahtera Rabu (13/3/2019).

Terkait penderita ginjal tersebut Fikry menyatakan, melalui Dinkes HSS dalam waktu dekat akan melaksanakan sosialisasi pencegahan penyakit ginjal, dengan harapan masyarakat bisa melakukan upaya antisipasi agar kesehatan ginjalnya terpelihara, dengan menerapkan pola makan dan pola hidup sehat. Dengan demikian, penderita penyakit itu pun bisa dicegah.

Baca: Karenina Bawakan Tiga Busana di Fashion Show Pembukaan Banjarmasin Sasirangan Festival 2019

Sementara itu, pelayanan bus antar jemput pasien tersebut mendapat apresiasi dari masyarakat.

"Alhamdulillah ada bus antar jemput pasien cuci darah khusus warga Daha ke Rs Kandangan, pulang pergi gratis. Jadi tidak repot mencari transportasi sendiri lagi. Semoga Bupati HSS diberikan kesehatan. Semoga HSS makin maju, sukses dan berkah," tulis Sufi Yannur anggota Group WA INFO BBNHSS, salah satu WA group publik yang ada di HSS.

"Alhamdulillah, sehat terus Pak, "tulis Annisa anggota group lainnya.(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved