Bumi Sanggam

BPOM HSU Kampanyekan Bahaya Kosmetik Ilegal ke Sekolah di Balangan

BPOM HSU turun ke lapangan untuk melakukan kampanye kepada pelajar usia sekolah mengenai bahaya kosmetik ilegal bagi kesehatan.

BPOM HSU Kampanyekan Bahaya Kosmetik Ilegal ke Sekolah di Balangan
HO/Kominfo Balangan
Petugas BPOM HSU sosialisasi bahaya kosmetik ilegal di SMAN 1 Paringin, Balangan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Peredaran kosmetik ilegal kian marak di kalangan pelajar di Kalimantan Selatan. Agar peredaran kosmetik ilegal bisa diminimalisir Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Hulu Sungai Utara (HSU) melakukan sosialiasi ke sekolah, Kamis (14/3/2019).

BPOM HSU turun ke lapangan untuk melakukan kampanye kepada pelajar usia sekolah mengenai bahaya kosmetik ilegal bagi kesehatan.

Untuk Kabupaten Balangan, sekolah yang menjadi lokasi sosialisasi pertama adalah SMAN 1 Paringin.

Kepala BPOM HSU, Bambang Hery Purwanto, mengatakan latar belakang kegiatan ini adalah karena pada saat BPOM melakukan razia beberapa waktu yang lalu, ditemukan banyak kosmetik ilegal di pasar.

"Kosmetik ilegal itu kebanyakan tanpa izin edar. Jumlahnya ribuan dari ratusan merek. Itu hanya dari Kabupaten HSS, HST dan Tapin," ujarnya.

Bambang Hery menambahkan melalui kegiatan ini diharapkan para siswi bisa memilah mana kosmetik yang aman dan mana yang tidak aman.

"Kosmetik itu langsung bersentuhan dengan kulit dan diserap untuk selanjutnya bersama darah akan mengalir ke seluruh tubuh. Akibatnya akan timbul penyakit kulit, paling parah bisa menyebabkan kanker," jelasnya

Sementara itu Kepala SMAN 1 Paringin, Fathurahman, berterima kasih kepada BPOM HSU karena sudah memberikan penjelasan terkait bahaya kosmetik ilegal.

Menurutnya, inormasi seperti ini penting khususnya bagi pelajar perempuan yang masih dalam tahap coba-coba.

Selanjutnya kegiatan diisi dengan presentasi yang menampilkan video liputan razia BPOM serta video investigasi pembuatan kosmetik ilegal serta materi yang disampaikan langsung Kepala BPOM HSU, Bambang Hery Purwanto. (*/AOL)

Penulis: Eka Pertiwi
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved