Mengenal Balahindang Ikonik Tapin

Menguak Balahindang, Warga Tapin Sebut Ada Seorang Pahlawan Bisa Menghidupkan Naga Habang

Balahindang adalah ikonik nama Pendopo Kabupaten Tapin yang kerap digunakan Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar pertemuan dalam jumlah banyak.

Menguak Balahindang, Warga Tapin Sebut Ada Seorang Pahlawan Bisa Menghidupkan Naga Habang
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Pertemuan Sungai Tapin dengan Sungai Amandit, terletak di Muara Tabirai, Desa Masta Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Menguak Balahindang, Warga Tapin Sebut Ada Seorang Pahlawan Bisa Menghidupkan Naga Habang.

Balahindang adalah ikonik nama Pendopo Kabupaten Tapin yang kerap digunakan Pemerintah Kabupaten Tapin menggelar pertemuan dalam jumlah banyak.

Tidak banyak yang mengetahui nama Balahindang tersebut. Balahindang terdiri dari dua kata bala dan hindang. Tulisannya disatukan menjadi Balahindang.

Balahindang itu disebut bersamaan kemunculan cahaya warna-warni yang saat ini disebut pelangi. Pelangi identik dengan Balahindang.

Balahindang ikonik heroik warga Kabupaten Tapin. Awalnya sebutan itu dari kata - kata seorang pahlawan yang berhasil mengakhiri kehidupan naga Habang, naga yang seluruh tubunnya berwarna merah.

Baca: Soal #Facebookdown & #Instagramdown Trending Topic Twitter, Begini Kata Pengamat Siber Kalsel

Baca: VIDEO Isu Kiamat Bikin Geger, Terungkap 52 Warga Ponorogo Pindah ke Malang, Ini Penjelasan Bupati

Baca: Trending Topic Twitter! Hastag #InstagramDown #FacebookDown, Hingga Pukul 9 Instagram Masih Error

Ceritanya, pada pertemuan Sungai Tapin dengan Sungai Amandit, terletak di Muara Tabirai, kini wilayah Desa Masta Kecamatan Bakarangan, Kabupaten Tapin.

Keberadaan seekor naga habang yang sangat meresahkah dan menganggu kehidupan warga pencari ikan di sungai tersebut.

Padahal, kehidupan warga saat itu hanya bergantung pada kegiatan pertanian atau istilah warga Rantau behuma dan kegiatan perikanan atau mencari ikan dengan alat perangkap ikan.

"Keresahan warga atas keberadaan naga Habang, berakhir setelah dikalahkan seekor naga putih dengan ditandai munculnya Balahindang atau kini disebut pelangi," kata Ibnu Masud, Budayawan Kabupaten Tapin.

Kini Balahindang tak hanya nama Pendopo Kabupaten Tapin tapu juga nama judul lagu daerah yang populer di youtube, tambah Ibnu Masud.

(Banjarmasinpost.co.id/Mujhtar Wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved