Berita HST

NEWSVIDEO : Pelipatan Surat Suara Pemilu 2019 Di Kabupaten HST Libatkan Pelajar dan Mahasiswa

Pelipatan perdana baru dilakukan oleh 65 mahasiswa. Sedangkan sisanya akan melakukan pelipatan surat suara pada malam hari.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BARABAI - Sebanyak 95 mahasiswa dan santri yang tergabung dalam HMI, PMII, SMK Ganesha dan Pesantren Inabah melakukan pelipatan surat suara hari pertama pada Kamis (14/3/2019) di Gudang Logistik KPU Hulu Sungai Tengah di Jalan Pangeran Antasari, Barabai.

Meski demikian, pelipatan perdana baru dilakukan oleh 65 mahasiswa. Sedangkan sisanya akan melakukan pelipatan surat suara pada malam hari.

Mahasiswa semester 2 STIKOM, Tuti Adelia (19) yang juga anggota PMII, mengaku baru perdana melakukan pelipatan surat suara. Menurutnya, pelipatan surat suara awalnya ditawarkan di organisasinya. Karena tertarik dan mencoba hal baru ia belajar melipat surat suara.

Satu lembar surat suara Tuti, mendapatkan upah sebesar Rp 100. Rencananya ia akan melakukan pelipatan surat suara hingga sepekan ke depan.

"Dari pagi hingga siang, saya baru dapat 50 lembar," katanya.

Baca: NEWSVIDEO : Didampingi Orangtuanya Pemuda Pelaku Ujaran Kebencian di Banjarmasin Meminta Maaf

Baca: Kasus Pembunuhan di Jalan KS Tubun Banjarmasin, Sincan Hujani Tubuh Vina Pakai Samurai hingga Tewas

Tercatat untuk surat suara pilpres, pileg DPR RI, DPD, DPRD provinsi sebanyak 193.899 lembar. Sedangkan untuk surat suara pileg DPRD Kabupaten Hulu Sungai Tengah dapil satu sebanyak 64.287 lembar, dapil dua sebanyak 38.827 lembar, dapil tiga sebanyak 48.340 lembar, dan dapil empat sebanyak 46.447 lembar.

Untuk upah pelipatan ada perbedaan harga. Untuk DPRD Kabuapten Hulu Sungai Tengah sebesar Rp 100, DPR RI dan DPRD Provinsi, dan DPD sebesar Rp 75, sedangkan surat suara pilpres sebesar Rp 50.

Menurut Johansyah, ada perbedaan upah dari pemilu tahun ini dengan pilkada sebelumnya yang upah pelipatan surat suara mencapai Rp 150 hingga Rp 200 per lembar.

"Kembali lagi pada kemampuan daerah. Untuk surat suara pilpres memang lebih murah dengan estimasi pelipatannya lebih mudah," jelasnya.

Dijelaskannya, pihaknya kali ini menggandeng milenial untuk melakukan pelipatan surat suara dengan harapan jika pelipat surat suara ini jauh lebih mudah diarahkan karena berlatar belakang dari pendidikan. (Banjarmasinpost.co.id/Eka Pertiwi)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved