Berita Kalteng

Ragam Lomba Digelar dalam Festival Seni Budaya Daerah TMPT Kabupaten Kapuas

Ragam Lomba Digelar dalam Festival Seni Budaya Daerah TMPT Kabupaten Kapuas

Ragam Lomba Digelar dalam Festival Seni Budaya Daerah TMPT Kabupaten Kapuas
Dok Humas Kapuas untuk BPost Group
Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor saat membuka Kegiatan Festival Seni Budaya Daerah Tingang Menteng Panunjung Tarung (TMPT) Kabupaten Kapuas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Festival Seni Budaya Daerah Tingang Menteng Panunjung Tarung (TMPT) Kabupaten Kapuas Tahun 2019 digelar 11-14 Maret.

Sebagaimana disampaikan Ketua Pelaksana, H Syafuani dari informasi yang diterima, Kamis (14/3/2019).

"Peserta Festival Seni Budaya Daerah Tingang Menteng Panunjung Tarung dari sanggar atau kelompok yang ada di Kecamatan se Kabupaten Kapuas," katanya.

Dilanjutkannya, kecamatan yang mengikuti kegiatan tersebut adalah Kecamatan Selat, Kapuas Hilir, Kapuas Timur, Bataguh, Tamban Catur, Basarang, Pulau Petak, Kapuas Murung, Dadahup dan Pasak Talawang.

Baca: Pengakuan Luna Maya Sedang Bahagia, Ini Tausiah Ustadz Abdul Somad Tentang Kebahagiaan Sesungguhnya

Baca: Pesan Syahrini Pada Hotman Paris Sebelum Unfollow Karena Pilih Luna Maya Ketimbang Istri Reino Barck

Baca: Kondisi Terkini Pemeriksaan Pengusaha HST oleh KPK di Mako Brimob Polda Kalsel, Tertutup!

Adapun kegiatan lomba yang dilombakan dan diikuti yaitu, Lomba Tari Daerah Pedalaman terdiri dari 15 Grup dari lima Kecamatan.

Lalu, Lomba Karungut Putra Putri sebanyak 35 orang terdiri dari Putra 18 orang dan Putri 17 orang meliputi delapan Kecamatan.

Kemudian, Lomba Lawang Sakepeng sebanyal 13 Regu dari lima Kecamatan, Lomba Bagasing sembilan regu dari lima Kecamatan dan Lomba Balogo sebanyak 13 Regu dari enam Kecamatan.

"Kegiatan ini berkaitan dengan Hari Jadi ke-213 Kota Kuala Kapuas dan HUT Pemkab Kapuas ke 68 Tahun 2019. Pemenang juara  I, II dan II dan  Harapan I, II dan III semua jenis lomba akan diberikan Tropy Tetap dan uang pembinaan," jelasnya.

Sebelumnya, kegiatan tersebut dibuka oleh Wakil Bupati Kapuas HM Nafiah Ibnor di Citimall Kuala Kapuas. Pembukaan ditandai dengan penabuhan Katambung.

Baca: Jelang Debat Ketiga Cawapres Pilpres 2019 KH Maruf Amin vs Sandiaga Uno, Saran Fahri Hamzah ke KPU

Ia menyampaikan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas sangat mendukung dan menyambut baik terlaksananya kegiatan festival seni dan budaya yang dilaksanakan setiap tahun oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Kapuas beserta jajaran.

Tampak hadir saat itu, Kepala Organisasi Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Kapuas, Camat di wilayah Kabupaten Kapuas, Ketua DAD Kabupaten Kapuas Talinting E Toepak, Ketua Umum Aliansi Dayak Kalimantan Bersatu (ADKAB) Dehen MH.

Lalu, juri lomba yaitu Bidang Promosi Seni dan Budaya Kalimantan TMII Jakarta Jeffry Andreas, Bidang Sosial Adat dan Kebudayaan Deni Valiandra, Tokoh Wanita Sera Sinta Nola Sinaga, serta para tokoh adat, tokoh masyarakat dan para undangan lainnya.

(banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Rendy Nicko
Sumber: Bangka Pos
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved