Berita Kalteng

Dandim 1011/Kuala Kapuas Ingatkan Anggotanya Pegang Teguh Netralitas TNI dalam Pemilu 2019

Pembinaan Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres TA 2019 di wilayah Kodim 1011/Kuala Kapuas (Klk). Kegiatan dilaksanakan di Aula Makodim 1011/Klk

Dandim 1011/Kuala Kapuas Ingatkan Anggotanya Pegang Teguh Netralitas TNI dalam Pemilu 2019
tribunkalteng.com/fadly
Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Pembinaan Netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres TA 2019 di wilayah Kodim 1011/Kuala Kapuas (Klk). Kegiatan dilaksanakan di Aula Makodim 1011/Klk, Kamis (14/3/2019).

Tema kegiatan, melalui pembinaan netralitas TNI dalam Pileg/Pilpres, kita wujudkan profesionalisme TNI dengan bersikap netral dalam penyelenggaraan pemilu baik pileg maupun pilpres dan senantiasa mendukung suksesnya penyelenggaraan pemilu yang luber dan jurdil di seluruh wilayah NKRI.

Dalam kegiatan tersebut, Dandim 1011/Klk, Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono SIP mengingatkan anggotanya untuk memegang teguh netralitas TNI dalam pemilu tahun ini.

Baca: Reaksi Gading Marten Kala Adegan Cerainya dengan Gisella Anastasia Diputra di IMA Awards 2019

Baca: Nikita Mirzani Beberkan Kisah Sebenarnya Billy Syahputra dan Hilda Vitria Mantan Kriss Hatta

Baca: Ahmad Dhani Ingin Bebas, Suami Mulan Jameela Tolak Potongan Vonis 6 Bulan?

Baca: Istri Irwan Mussry, Maia Estianty Masih Saja Dapat Kejutan Ulang Tahun, Rok Ibu Dul Jadi Sorotan

"Hal ini sudah tertuang dalam Undang-Undang RI Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI. Disebutkan pada pasal 2 antar lain ditegaskan bahwa "Tentara Profesional adalah Tentara yang tidak berpolitik praktis," ujar Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono.

Dilanjutkannya, netral berarti tidak berpihak, tidak ikut atau tidak membantu salah satu pihak. Jadi "Netralitas TNI" itu "bersikap netral dalam kehidupan politik dan tidak melibatkan diri pada kegiatan politik praktis".

"Jadi saya tekankan untuk para babinsa agar dipedomani hal tersebut karena mereka adalah tangan-tangan saya di wilayah-wilayah. Apabila terdapat pelanggaran dalam pemilu, tindakan babinsa adalah segera melaporkannya kepada Bawaslu," jelasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved