Berita Banjarmasin

Penjelasan BPJS Kesehatan Banjarmasin Proses Klaim Pembayaran ke RSUD Ulin dan RSUD Ansyari Saleh

Kabid Penjamin Manfaat dan Rujukan BPJS Kesehatan Banjarmasin, dr Ninda menjelaskan untuk klaim Desember 2018 RSUD Ulin dan Ansyari Saleh

Penjelasan BPJS Kesehatan Banjarmasin Proses Klaim Pembayaran ke RSUD Ulin dan RSUD Ansyari Saleh
BPost Cetak
Blitz edisi cetak Jumat (15/3/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kabid Penjamin Manfaat dan Rujukan BPJS Kesehatan Banjarmasin, dr Ninda menjelaskan untuk klaim Desember 2018 RSUD Ulin dan Ansyari Saleh sudah dibayarkan.

Dan, tagihan pelayanan Januari RSUD Ulin dan Ansyari Saleh pada Januari 2019 untuk jatuh temponya di awal Maret ini.

Ditambahkannya, untuk proses klaim pembayaran sesuai regulasi pepres No 8 Tahun 2018, maka rumah sakit mengajukan klaim ke BPJS Kesehatan dan ada jeda waktu 10 hari untuk proses pengcecekan kelengkapan berkas.

“Argo akan berjalan jika berkas sudah lengkap. Masing-masing rumah sakit berbeda. Untuk RSUD Ulin dan RSUD Ansyari Saleh sudah lumayan tertib adminitrasinya. Maksimal hari ke-15 adalah hari pembayaran klaim. Verifikasi berkas sudah dalam bentuk dan sistem aplikasi. Klaim pending hanya croschek ke rumah sakit, bukan berarti tidak dibayar,” katanya.

Baca: Nikita Mirzani Kembali Bongkar Hubungan Syahrini dan Reino Barack, Juni Keduanya Sudah di Jepang

Baca: Pesan Danny Satriadi Untuk Nikita Mirzani Diduga Saling Sindir dengan Adik Syahrini, Aisyahrani

Baca: Sindiran Aisyahrani Kala Pengantin Baru Syahrini dan Reino Barack Langsung Syuting Iklan

Baca: Pevita Pearce dan Ariel NOAH Pamer Hobi yang Sama, Meski Bantah Jadi Sepasang Kekasih

Ninda membenarkan klaim pelayanan RSUD Ulin pelayanan Januari 2019 Rp35,7 Miliar belum dibayarkan dan klaim RSUD Ansyari Saleh sebesar Rp7,8 miliar belum dibayarkan BPJS Kesehatan.

“Saat ini kami masih verifikasi pembebanan di Maret untuk klaim pelayanan Februari baik RSUD Ansyari Saleh dan RSUD Ulin. Bulan pelayanan 1 Februari sampai 28 Februari akan ditagihkan di bulan pembebanan Maret,” katanya.

Menurutnya, untuk tagihan Februari bisa jadi jatuh temponya pada akhir Maret atau awal April.

Solusinya untuk menutupi biaya rumah sakit, bisa meminjam uang di bank.

Ada usulan agar BPJS saja yang meminjam uang di bank.

“Menteri Keuangan menyatakan BPJS belum bisa meminjam uang di bank. Saat ini, BPKP sedang mengaudit BPJS kesehatan untuk 10 rumah sakit dari 31 rumah sakit di akhir Desember dan sisanya di Maret sampai pertengahan April,” katanya.

Ketua Komisi IV DPRD Kalsel, Yazidie Fauzi, memahami kesulitan dari RSUD Ansyari Saleh dan RSUD Ulin Banjarmasin yang selalu mengalami pending klaim.

Diharapkan, pending klaim ini bisa terbayarkan dalam waktu segera.

“Sampai-sampai deposito Rp40 miliar RSUD Ulin sudah habis untuk menalangi dana obat. Kita harapkan baik pihak RSUD Ulin, RSUD Ansyari Saleh dan BPJS Kesehatan bersama-sama silaturahmi ke Menteri Keuangan mencari solusi pending klaim ini,” katanya.

Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved