Berita Tanahbumbu

Diterjang Puting Beliung Ruang Kelas SDN 2 Sepunggur Porak Poranda, Terpaksa Atur Jam Belajar Siswa

Puting beliung terjadi selain merusak ruang belajar siswa di SDN 2 Sepunggur, Kecamatan Kusan Hilir hingga hampir rata dengan tanah.

Diterjang Puting Beliung Ruang Kelas SDN 2 Sepunggur Porak Poranda, Terpaksa Atur Jam Belajar Siswa
istimewa/bpbd Tanbu
Ruang belajar siswa di SDN 2 Sepunggur, Kecamatan Kusan Hilir, hampir rata dengan tanah akibat diterjang puting beliung, Sabtu (16/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Angin bertiup sangat kencang terjadi, Jumat (16/3/2019) sore sekitar pukul 16.00 Wita kembali menyisakan kerusakan fasilitas umum dan sebuah rumah di Desa Sepunggur, Kecamatan Kusan Hilir.

Puting beliung terjadi selain merusak ruang belajar siswa di SDN 2 Sepunggur, Kecamatan Kusan Hilir hingga hampir rata dengan tanah. Bencana tersebut juga merusak sebuah bangunan rumah.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanahbumbu Eryanto Rais membenarkan adanya kejadian tersebut.

Menurut Eryanto, puting beliung mengakibatkan sarana pendidikan terdiri dari dua lantai mengalami kerusakan serius. Selain satu buah rumah.

"Satu sarana pendidikan dua lantai dengan kerusakan 30% dan satu unit rumah dengan kerusakan 3%," kata Eryanto kepada banjarmasinpost.co.id, Jumat (16/3/2019).

Baca: Kekecewaan KH Maimoen Zubair Usai Ketum PPP Romahurmuziy Kena OTT KPK di Kemenag Sidoarjo

Baca: Sikap Sandiaga Uno Jika KH Maruf Amin Selipkan Ayat Alquran di Debat Ketiga Cawapres Pilpres 2019

Pascakejadian, tambah Eryanto, saat ini kondisi aman. Pihaknya masih melakukan pendataan/verifikasi kerusakan bangunan tersapu puting beliung.

"Kondisi saat inibsudah aman terkendali. Korban jiwa dan luka nihil," jelas Eryanto.

Kepala SDN 2 Sepunggur Lilis Rukayah yang dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, membenarkan dua ruang kelas di sekolahnya di terjang puting beliung.

"Satu ruang kelas rusak parah. Tapi memang tidak bisa dipakai keduanya," ujar Lilis kepada banjarmasinpost.co.id.

Puting beliung sapu atas ruang kelas SDN 2 Sepunggur, Kecamatan Kusan Hilir, Tanbu
Puting beliung sapu atas ruang kelas SDN 2 Sepunggur, Kecamatan Kusan Hilir, Tanbu (HO/BPBD Tanbu)

Ditambahkan Lilis, pascaterjangan puting beliung merusak ruang belajar kelas 5 dan 6, dipastikannya proses belajar mengajar akan terganggung.

"Untuk saat ini saja kami kekurngan ruang kelas," ucap Lilis.

Menyiasati agar siswa khususnya kelas 5 dan 6 tetap bisa mengikuti pelajaran. Tidak ada cara lain, selain pihaknya kembali mengatur jam belajar.

"Jam pelajaran yang akan diatur. Mungkin ada yang akan masuk siang. Dari dinas pendidikan sudah ada yang meninjau," tandasnya.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved