Berita Tanahlaut

Fasilitas Wisata Kayangan Pelaihari Tak Diperhatikan & Mulai Keropos, Toko Dimasuki Monyet

Sejumlah fasilitas di objek wisata Kayangan, Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai keropos

Fasilitas Wisata Kayangan Pelaihari Tak Diperhatikan & Mulai Keropos, Toko Dimasuki Monyet
banjarmasinpost.co.id/idda royani
Beginilah kondisi sejumlah fasilitas di Wisata Kayangan, Pelaihari. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Sejumlah fasilitas di objek wisata Kayangan, Pelaihari, Kabupaten Tanahlaut, Kalimantan Selatan (Kalsel), mulai keropos.

Atap gazebo misalnya, seluruhnya telah sirna sehingga saat panas terik tak nyaman lagi jadi tempat kongkow.

Papan lantai tangga tower berbahan besi pelat tipis juga kian parah korosisnya. Bahkan beberapa di antaranya mulai berlubang.

Begitu halnya plafon resort atau joglo yang berada di tengah area puncak Gunung Kayangan, juga mulai rusak. Beberapa lembar plafonnya terlepas.

Seluruh los toko yang ada juga tergembok. Umumnya gembok itu mulai karatan yang menandakan lama lama tak dibuka. Bahkan los terujung dimasuki monyet.

Baca: Harta Kekayaan Romahurmuziy Ada Dimana-mana, Ada LHKPN Rp 11,8 M, yang Lain di Situs acch.kpk.go.id

Baca: Syahrini Sebut Tentang Harga Diri Ketika Mantan Luna Maya Beri Mahar Rp40 M, Reino: Mampunya Segitu

Baca: Drawing Liga Champions - Ajax Waspada, Pemainnya Sebut Cristiano Ronaldo Seorang Pembunuh

"Sepi sekarang wisata Kayangan ini karena kurang diperhatikan Pemkab Tanahlaut. Sayang sekali, padahal wisata ini dekat dengan Kota Pelaihari dan tiap saat dilewati orang-orang dari luar daerah," ucap M Hardiansyah, warga Tanahlaut, Sabtu (16/03/2019).

Ia berharap pemerintah daerah segera membenahi seluruh fasilitas wisata yang saat ini rusak. Bahkan jika perlu dilengkapi agar menarik wisatawan berkunjung.

Ia optimistis wisata Kayangan bisa eksis dan jadi favorit wisatawan karena panorama alam yang disajikan sangat indah. "Begitu elok keindahan alam yang bisa kita nikmati saat berada di Wisata Kayangan. Apalagi jika menaiki tower, bisa mengintip aktivitas di lautan di wilayah Kecamatan Takisung yang berhubungan dengan alur Sungai Barito," sebut Hardiansyah.

Wisata Kayangan berjarak sepuluh kilometer dari Kota Pelaihari. Sangat mudah dijangkau karena diapit dua lajir jalan poros Trans Kalimantan yang mulus.

Tempat tersebut, dulu dikenal sangat angker. Penuturan tetuha warga Tanahlaut, Gunung Kayangan adalah kotanya 'orang sebelah.' Karenanya, dulu kerap terdengar cerita-cerita mistis atau klenik di situ.

Namun seiring penyulapan tempat itu menjadi objek wisata sejak belasan tahun lalu, cerita-cerita mistis tak terdengar lagi.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved