Berita Banjarmasin

Termotivasi Laskar Pelangi Alda Bersemangat Meraih Mimpi

Tak hanya buku motivasi yang membuat orang tergerak melakukan sesuatu yang positif, karena buku novel pun bisa memberikan efek yang sama.

Termotivasi Laskar Pelangi Alda Bersemangat Meraih Mimpi
banjarmasinpost.co.id/salmah
Alda Navira 

BANJARMASINPOST.CO.ID - Tak hanya buku motivasi yang membuat orang tergerak melakukan sesuatu yang positif, karena buku novel pun bisa memberikan efek yang sama, seperti halnya dialami Alda Navira, termotivasi karena membaca novel.

Adalah novel Laskar Pelangi yang membuat Alda bersemangat meraih masa depan. Novel karya Andrea Hirata yang diangkat menjadi film layar lebar itu memang jalan ceritanya sangat menggugah bagi yang membacanya.

Apalagi bagi Alda, kisah para tokoh di novel tersebut mirip dengan kondisi dirinya yang juga hidup di desa dan bermimpi ingin mengenyam pendidikan yang tinggi di kota.

"Ayah saya tentara, masa kecil saya banyak dihabiskan di Kabupaten Asahan, Sumatera Utara. Keluarga kami tinggal di desa kawasan Tanjung Balai dan juga di Pulau Rakyat. Saat sekolah harus jalan kaki hingga 2 km," terangnya.

Baca: Beda Reaksi Joko Widodo dan KH Maimoen Zubair ke Romahurmuziy, Jokowi Sedih, Mbah Moen Kecewa

Alda yang lahir di Bandung, 21 Oktober 1998, kala itu selain berobsesi bisa sekolah tinggi juga ingin keluar negeri, sama dengan harapan para tokoh di novel Laskar Pelangi.

"Novel Laskar Pelangi itu pertama saya baca saat pinjam di perpustakaan sekolah, ketika masih kelas 1 di SMPN 3 Pulau Rakyat. Akhirnya novel itu membakar semangat saya untuk optimis meraih masa depan," tukasnya.

Seiring orangtuanya pindah tugas ke Kalsel, tepatnya di Banjarbaru,
akhirnya Alda pun bisa merasakan sekolah di kota, tepatnya SMK Penerbangan.

"Alhamdulillah pula, saya bisa ke Thailand dalam rangka study exchange. Mimpi bisa keluar negeri yang akhirnya juga terwujud," tukas Alda.

Sempat bercita-cita menjadi angkatan udara, namun oleh sang nenek diarahkan kuliah di Fakultas Pertanian jurusan Agroekoteknologi, Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarbaru.

Mahasiswi angkatan masuk tahun 2016 ini, mengakui, awal tak suka dengan jurusan tersebut, namun setelah dijalani malah berangsur senang.

"Melalui bidang pertanian kita bisa turut membangun ekonomi bangsa dan menciptakan kemandirian pangan," ungkapnya.

Baca: Dokter Forensik Banua Ini Biasa Hadapi Beragam Kondisi Mayat, Sebelum Otopsi Ini Yang Dilakukannya

Alda yang hobi membaca buku dan menulis puisi serta jago bahasa Inggris, saat ini suka mengoleksi buku motivasi diri dan novel.

"Sebenarnya banyak koleksi buku saya yang tertinggal di Sumatera, sedangkan yang dikoleksi saat ini hanya ada satu rak," terang Alda yang mengenal buku dan majalah sejak SD dan senang baca cerpen serta novel saat SMP.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved