Serambi Mekkah

Tingkatkan Produksi Pertanian di Lahan Kering, Dinas TPH Banjar Lakukan ini

Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar terus berupaya meningkatkan pendapatan petani.

Tingkatkan Produksi Pertanian di Lahan Kering, Dinas TPH Banjar Lakukan ini
NOVE ARISANDI UNTUK BPOST GROUP
Petani di Karangrejo antusias mengikuti penyuluhan untuk penerapan paket teknologi largo super dan tumpangsari, beberapa pekan lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (TPH) Kabupaten Banjar terus berupaya meningkatkan pendapatan petani.

Antara lain caranya yakni mengoptimalkan usaha tani di lahan kering.

Merealisasikan hal itu, Dinas TPH Banjar telah mengenalkan paket teknologi kepada petani pada 13 Februari lalu di Desa Kupangrejo, Kecamatan Sungaipinang.

Tujuan utamanya untuk meningkatkan produksi padi lahan kering (padi gogo).

Petani di Karangrejo antusias mengikuti penyuhan untuk penerapan paket teknologi largo super dan tumpangsari, beberapa pekan lalu.

Petani di Karangrejo antusias mengikuti penyuhan untuk penerapan paket teknologi

largo super dan tumpangsari, beberapa pekan lalu. (NOVE ARISANDI UNTUK BPOST GROUP)

Kepala Dinas TPH Banjar HM Fachry mengatakan strategi peningkatan produksi padi nasional saat ini dan ke depan ditempuh melalui peningkatan produktivitas (intensifikasi) dan perluasan areal tanam, baik melalui peningkatan Indeks Pertanaman (IP) maupun Luas Tambah Tanam (LTT).

Guna mendukung program Upaya Khusus (Upsus) dalam meningkatkan luas tambah tanam (LTT) perlu dilakukan terobosan baru terhadap wilayah yang secara nisbi mengalami pelandaian dalam perluasan areal tanam.

Dikatakanya, suatu hamparan lahan umumnya menggunakan sistem monokultur, baik pada musim penghujan maupun musim kemarau.

Rekayasa sistem tanam dapat dilakukan untuk wilayah dan kondisi tertentu dengan mengoptimalkan penggunaan lahan dan air agar produktivitas lahan meningkat.

Halaman
123
Penulis: Idda Royani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved