Berita Tapin

Aksi Tulis Surat Buat Presiden Demi Menolak Meratus Dieksploitasi

Penggiat lingkungan di Kabupaten Tapin menggelar aksi serentak menulis surat kepada Presiden Republik Indonesia.

Aksi Tulis Surat Buat Presiden Demi Menolak Meratus Dieksploitasi
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Aksi serentak menulis surat kepada Presiden Republik Indonesia di Kabupaten Tapin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Penggiat lingkungan di Kabupaten Tapin menggelar aksi serentak menulis surat kepada Presiden Republik Indonesia.

Surat itu ditulis untuk selamatkan Meratus dari aktivitas atau eksploitasi pertambangan batu bara di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Tengah.

Aksi dilaksanakan di Lapangan Dwi Dharma, Kelurahan Rangda Malingkung, Kecamatan Tapin Utara, Kabupaten Tapin, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Minggu (17/3/2019).

Indra Gunawan, salah satu Penggiat lingkungan di Kabupaten Tapin mengatakan aksi menulis surat serentak untuk Presiden dilakukan di 13 Kabupaten dan Kota se Kalsel.

Baca: Hari ini Ready Kambo Siap Dilantik Jadi Wabup Tanahbumbu

Baca: Sembilan Pemain Timnas Ini Calon Bintang Pemain Barito Putera Masa Depan

Baca: 3 Tahun Tiang Listrik Nongkrong di Bahu Jalan, Warga Tanahbumbu Mengeluh Sering Terjadi Kecelakaan

Alasan aksi dilakukan agar Presiden mengetahui benar-benar mengetahui ancaman yang terjadi bagi masyarakat Kalsel terkhusus masyarakat di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Menurutnya, bentuk solidaritas karena posisi pegunungan Meratus membentang dari Kabupaten Kotabaru hingga Kabupaten Tabalong.

Namun, hanya pegunungan Meratus di wilayah Kabupaten HST yang masih memiliki hutan hujan atau rimba terakhir Kalsel belum dirusak oleh aktivitas pertambangan batu bara.

"Menyelamatkan Meratus sama dengan menyelematkan kehidupan. Save Meratus dan Selamat Rimba terakhir," ujar pria yang akrab disapa Ugun. (banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved