Berita Banjarbaru

Ketua KPU Banjabaru Minta Kekurangan 2.170 Surat Suara Pemilu 2019 Dipenuhi Sebelum April

Hingga satu bulan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru masih jekurangan 2.170 Surat Suara.

Ketua KPU Banjabaru Minta Kekurangan 2.170 Surat Suara Pemilu 2019 Dipenuhi Sebelum April
HO/KPU Banjarbaru
Ketua KPU Banjarbaru Hegar Wahyu Hidayat saat pengukuhan Relawan Demokrasi Pemilu 2019 

BANJARMASINPOST.CO, BANJARBARU - Hingga satu bulan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarbaru masih jekurangan 2.170 Surat Suara.

Padahal tinggal beberapa puluh hari lagi tahapan pencoblosan Pemilu 2019 akan digelar.

Ketua KPU Banjarbaru, Hegar Wahyu Hidayat berharap kekurangan surat suara itu dapat ditambah oleh KPU RI (Pusat) untuk dipenuhi sesuai kekurangan yang ada.

"Harapan kami tak sampai ke bulan April. Harapan kami tambahan kekurangan surat suara itu sampai di bulan Maret ini juga," kata Hegar Wahyu Hidayat ke Banjarmasinpost.co.id, Minggu (17 /3/2019).

Dia mengatakan, berdasar surat suara yang sudah disortir, KPU Banjarbaru masih kekurangan 2.170 surat suara. "Semua jenis surat suara kurang. Mulai dari surat suara untuk pemilihan DPRD Banjarbaru, DPRD Kalsel, DPR RI, DPD dan presiden," lontar Hegar Wahyu Hidayat.

Baca: Kebakaran Bangunan SMP IT Ponpes Babussalam Kuala Kapuas, Diduga karena Korsleting Listrik

Masih Hegar terjadi lantaran ada banyak surat suara yang rusak ketika disortir dan lipat oleh petugas. "Semuanya total ada 370 lembar surat suara yang rusak, masing-masing tersebar di lima jenis surat suara," tandasnya.

Disampaikannya, Setiap jenis surat suara KPU Banjarbaru memerlukan 159.807, ditambah dua persen. Tapi, yang datang ke KPU Banjarbaru kurang dari itu.

"Surat suara yang dikirim oleh KPU RI juga masih kurang. Tidak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP -2) KPU Banjarbaru," runutnya.

Jenis surat suara yang paling banyak kurang ialah DPRD Kota Banjarbaru, dari 159.807 yang diperlukan masih kurang sekitar 739. Surat suara untuk pemilihan anggota DPRD Provinsi Dapil Kalsel 7 juga lumayan banyak kurangnya, yaitu 648.

Untuk menutupi kekurangan surat suara, dia mengaku telah menyampaikan permohonan penambahan ke KPU RI. (banjarmasinpost.co.id/Lis)

Penulis: Nurholis Huda
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved