Berita Kalteng

Produk UMKM Kalteng Bakal Dipromosikan Melalui Kaltengmart, Beli Barang Bisa Sistem Online

Pemerintah Kalimantan Tengah berencana akan membuka aplikasi Kaltengmart untuk mempromosikan produk lokal UMKM di Bumi Tambun Bungai

Produk UMKM Kalteng Bakal Dipromosikan Melalui Kaltengmart, Beli Barang Bisa Sistem Online
Banjarmasinpost.co.id/faturahman
Salah satu produk UMKM yang dipamerkan dalam gelar karya Kalteng rahun 2019 di Lapangan Temanggung Tilung, Palangkaraya, Sabtu (17/3/2019) malam. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Kalimantan Tengah berencana akan membuka aplikasi Kaltengmart untuk mempromosikan produk lokal UMKM di Bumi Tambun Bungai, dengan pembayaran secara virtual melalui internet.

Rencana itu diungkapkan, Wakil Gubernur Kalteng Habib H Said Ismail, dalam pembukaan Pameran Gelar Karya Kalteng 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kalimantan Tengah bersama dinas lainnya terpusat di Lapangan Temanggung Tilung, Kelurahan Menteng Palangkaraya, yang dibuka, Sabtu (16/3/2019) malam.

Wagub Kalteng, meminta agar semua produk UMKM dan lainnya yang selama ini jadi binaan pemerintah Kalteng maupun kabupaten dan kota se Kalteng untuk produktif dalam upaya membantu pemasaran UMKM Kalteng dengan membuka aplikasi, khusus melalui internet yang dilayani secara online.

Baca: 80 Persen Bangunan Ruko Menutupi Drainase, Wali Kota Palangkaraya Perintahkan Bongkar!

Baca: Joanna Palani, Snipper Cantik Paling Dicari ISIS karena Sudah Lumpuhkan 100 Tentaranya

Baca: Bupati HSS Jamu Makan Siang Rombongan Dubes Finlandia-Estonia

"Ini akan lebih baik dan akan sangat membantu UMKM kita akan bisa lebih dikenal lagi, sehingga pelayanan untuk jual beli produk UMKM juga dilakukan melalui proses jual beli yang banyak dilakukan secara online.Ini bisa menjadi terobosan baru buat memasarkan hasil produksi Kalteng," ujar Ismail.

Sementara itu, Plt Kadisperindag Kalteng, Jenta, mengatakan, pihaknya saat ini memang sedang menjajaki rencana tersebut, melihat ada salah satu provinsi di Indonesia yang juga telah melakukannya dan hasilnya cukup lumayan baik sehingga patut untuk dicontoh.

"Rencana itu masih kami persiapakan, ide tersebut cukup bagus dan memang akan diterapkan di Kalteng sehingga hasil produksi UMKM dan lainnya yang menjadi khas Kalteng bisa dipasarkan melalui market online yang proses jualbelinya juga akan dilakukan melalui pembayaran virtual," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved