Berita Kabupaten Banjar

Wakil Bupati Banjar Kembangkan Lomba Jukung Tradisional Menarik Wisatawan, Gelar Lomba

Pada gelaran lomba jukung tradisional itu diikuti sedikitnya 77 tim, tidak hanya di Kabupaten Banjar tetapi juga dari Kabupaten Barito Kuala.

Wakil Bupati Banjar Kembangkan Lomba Jukung Tradisional Menarik Wisatawan, Gelar Lomba
HO/Humas Pemkab Banjar
Wakil Bupati Banjar H Saidi Mansyur menyerahkan hadiahkepada para pemenang lomba jukung tradisional memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar, Minggu (17/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Antusias warga di Martapura Barat dan sekitarnya menyaksikan lomba jukung tradisional memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur di Sungai Martapura Desa Sungairangas Martapura Barat, Minggu (17/3) sore.

Pada gelaran lomba jukung tradisional itu diikuti sedikitnya 77 tim, tidak hanya di Kabupaten Banjar tetapi juga dari Kabupaten Barito Kuala.

Pemenang didominasi tim jukung Intan Karya Mandiri (IKM) yang menurunkan 11 tim berasal dari Desa Kelilingbenteng Ulu, Sungairangas, Sungairangas Ulu.

Para atlet jukung IKM sebelum bertanding berlatih selama satu bulan dan menyiapkan jukung tidak kurang dua bulan, tergantung kesiapan bahan.

Baca: Punya Rp 150 Juta Pengen Punya Mitsubishi Outlander Sport? Harga Bekasnya Mulai Segini

Pembina atlit jukung IKM di Sungairangas, Masrani mengatakan, pihaknya bersyukur atas prestasi yang diraih oleh tim IKM dan atas dukungan penuh dari IKM dan berkontribusi mengharumkan nama desa Sungairangas.

"Ada 11 tim dan mudah-mudahan tahun-tahun mendatang kembali meraih prestasi di lomba jukung tradisional piala Wakil Bupati Banjar," ucap pria yang juga menjabat Pambakal Sungairangas, diamini Pambakal Sungairangas Ulu, Zainal Akli dan Pambakal Keliingbenteng Ulu, H Kaslani.

Lomba jukung tradisional memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur di Sungai Martapura Desa Sungairangas Martapura Barat, Minggu (17/3/2019) sore.
Lomba jukung tradisional memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur di Sungai Martapura Desa Sungairangas Martapura Barat, Minggu (17/3/2019) sore. (HO/Humas Pemkab Banjar)

Camat Martapura Barat, Sumardi mengatakan, lomba jukung tradisional di Desa Sungairangas ini mampu menarik wisatawan jika dikemas sedemikian rupa. Pihaknya pun siap mendukung seratus persen untuk mengembangkan lomba jukung tradisional menjadi event bergengsi di Kabupaten Banjar.

"Bahkan sebelum menggelar kegiatan tersebut, warga desa bersama-sama gotongroyong membersihkan sungai. Sangat bagus untuk dikembangkan menjadi event parisiwata, karena tentunya ini akan meningkatkan perekonomian warga," katanya.

Baca: Video Viral Penyelamatan Bayi 5 bulan Saat Terjebak Banjir Bandang di Sentani Kabupaten Jayapura

Dia menambahkan, sebagai pihak kecamatan maka siap bekerjasama dengan instansi terkait seperti dinas kebudayaan dan pariwisata, dinas perhubungan Kabupaten Banjar serta pihak-pihak lainnya.

Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur mengatakan, kali ini peserta memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar. Dirinya pernah menggelar event serupa tetapi atas nama pribadi dan ternyata animo peserta luar biasa, tidak hanya dari Kabupaten Banjar tetapi ada dari Banjarmasin dan Kabupaten Barito Kuala.

Para pemenang lomba jukung tradisional memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, Minggu (17/3/2019).
Para pemenang lomba jukung tradisional memperebutkan piala Wakil Bupati Banjar, H Saidi Mansyur, Minggu (17/3/2019). (HO/Humas Pemkab Banjar)

"Perlahan kami mendorong event lomba jukung tradisional ini bisa menarik wisatawan, menambah variasi event-event untuk menarik wisatawan di Kabupaten Banjar," katanya.

Melalui event lomba jukung tradisional ini pula sekaligus mengkader atlit-atlit dayung di Kabupaten Banjar. Terlebih untuk sarana dan prasarana berlatih di Kabupaten Banjar sangat didukung oleh kondisi geografis alamnya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved