Berita HSU

Walaupun Gelar Galuh HSU Sudah Lepas, Mahasiswa Sendratasik Maalah Semakin Sibuk

Tak berharap banyak, namun ternyata hasilnya melebihi dari harapan. Begitulah yang dialami Siti Aisyah tatkala dua tahun lalu meraih gelar Galuh HSU

Walaupun Gelar Galuh HSU Sudah Lepas, Mahasiswa Sendratasik Maalah Semakin Sibuk
Banjarmasinpost.co.id/salmah
Siti Aisyah 

BANJARMASINPOST.CO.ID- Tak berharap banyak, namun ternyata hasilnya melebihi dari harapan. Begitulah yang dialami Siti Aisyah tatkala dua tahun lalu meraih gelar Galuh atau Puteri Hulu Sungai Utara.

"Awalnya Aisyah tidak menyangka bisa menyandang gelar Galug atau Puteri Hulu Sungai Utara (HSU) di tahun 2017 itu. Sebenarnya Aisyah hanya ingin mendapatkan selempang sebagai Putri Berbakat saja. Eh, taunya Allah SWT ngasih lebih, alhamdulillah," ucapnya.

Gadis kelahiran 9 Januari 1997 ini sempat kaget, karena merasa masih harus banyak belajar.

Dan dari pengalaman berharga itu ia semangat belajar kesenian dan mengenal pariwisata di Kalimantan Selatan dan tentunya pula di daerah kelahirannya, HSU.

Baca: FAKTA HEBOH Syahrini Diduga Pakai Cincin Kawin Sejak Mei 2018, Foto Beredar, Luna Maya Diselingkuhi?

Baca: 2 Para Normal Ini Blak-blakan Soal Pernikahan Syahrini dan Eks Luna Maya, Bau Melati Diaura Syahrini

"Alhamdulillah Aisyah kuliah di bidang kesenian. Jadinya lebih sinkron gelar yang disandang," ujarnya.

Ya, Aisyah adalah mahasiswi Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Seni Pertunjukan, Konsentrasi Seni Tari.

Sekarang sudah ada penerus Galuh/Puteri Hulu Sungai Utara. Meski demikian, aktivitas Aisyah sekali tidak berkurang.

"Selain memberikan masukan dan cerita kepada penerus, juga Aisyah sekarang sibuk belajar dan mengajar," ungkapnya.

Jadi, di kampus Aisyah belajar kesenian berupa tarian dan berorganisasi serta aktif di sanggarnya, Galuh Banjar. Ilmu pengetahuan itu ia transfer lagi ke orang lain.

"Aisyah ngajar tari di beberapa SD dan TK di Banjarmasin, menggajar di organisasi kampus, Kampoeng Seni Boedaja. Kadang pula diminta ngajarin orang yang mau tampil nari," tuturnya.

Selain itu, sekarang ia juga sibuk dalam persiapan pertunjukan teater bersama Teater 16, yaitu angkatan seni pertunjukan 2016.

Mereka akan studi tur atau praktik kerja lapangan pada 9-12 April nanti ke kampus Unesa, Surabaya dan Malang, Jawa Timur.

"Kami akan tampilkan teater tradisional yaitu mamanda. Jadi kesempatannya kali ini ikut teater bukan tari," selorohnya, seraya mengatakan ia juga suka teater.

Harapannya, ilmu yang didapat dari pengalaman berharga menjadi Galuh/Puteri HSU itu menjadi modal untuk menjadi manusia yang peduli kesenian, budaya dan pariwisata khususnya Kalimantan Selatan.

(banjarmasinpost.co.id/salmah saurin)

Penulis: Salmah
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved