Serambi Mekkah

15 SKPD di Pemkab Banjar Lakukan Penandatanganan Kontrak Kerja, Bupati Banjar: Harus Optimis

Sebanyak 15 SKPD pemungut dan camat se Kabupaten Banjar sudah menandatangani perjanjian kinerja dalam rangka komitmen pengamanan target pendapatan

15 SKPD di Pemkab Banjar Lakukan Penandatanganan Kontrak Kerja, Bupati Banjar: Harus Optimis
Diskominfo Kabupaten Banjar
Bupati Kabupaten Banjar H Khalilurrahman dan Sekda Kabupaten Banjar Nasrun Syah menyaksikan penandatanganan kontrak kerja 15 SKPD Pemkab Banjar, Senin (18/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Sebanyak 15 SKPD pemungut dan camat se Kabupaten Banjar sudah menandatangani perjanjian kinerja dalam rangka komitmen pengamanan target pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah. Penandatanganan perjanjian kinerja itu berlangsung di aula Barakat Pemkab Banjar, Senin (18/3).

SKPD pemungut yakni BLUD Ratu Zalecha, Badan Pendapatan Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perhubungan, Dinas Kominfo, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banjar, BKD dan PSDM Kabupaten Banjar, Dinas Perikanan, Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Dinas Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Banjar, Dinas TPH Kabupaten Banjar, Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.

Bupati Banjar H Khalilurrahman mengatakan, sekarang telah memasuki era baru dalam APBD Kabupaten Banjar, Tahun Anggaran 2019 ini belanja telah mencapai angka Rp 2 Trilliun lebih dengan pendapatan ditarget sebesar Rp.1.961.409.003.882, atau satu triliun lebih, telah terjadi kenaikan penerimaan sebesar 11,5 persen dibanding TA 2018 yaitu Rp 1.754.204.403.240 dan sampai dengan 15 Maret 2019 realisasinya sebesar Rp 321 miliar lebih atau 16,40 persen.

Pendapatan Asli Daerah (PAD) Target sebesar Rp185 miliar lebih, realisasi sampai dengan 15 Maret 2019 sebesar Rp 31 miliar lebih atau 17,18 persen. Dana Perimbangan Target sebesar satu triliun lebih tercapai sebesar Rp 289 miliar lebih atau 16,81 persen. Pendapatan daerah yang sah sebesar Rp 52 miliar lebih.

Sebanyak 15 SKPD pemungut dan camat se Kabupaten Banjar sudah menandatangani perjanjian kinerja dalam rangka komitmen pengamanan target pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah. Penandatanganan perjanjian kinerja itu berlangsung di aula Barakat Pemkab Banjar, Senin (18/3).
Sebanyak 15 SKPD pemungut dan camat se Kabupaten Banjar sudah menandatangani perjanjian kinerja dalam rangka komitmen pengamanan target pendapatan daerah yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah. Penandatanganan perjanjian kinerja itu berlangsung di aula Barakat Pemkab Banjar, Senin (18/3). (Diskominfo Kabupaten Banjar)

Khusus untuk pendapatan yang bersumber dari penerimaan PAD berdasarkan peraturan Bupati Banjar Nomor 59 Tahun 2018 Tentang penjabaran APBD TA 2019 bahwa pemungutannya dilakukan oleh 15 SKPD dan untuk pemungutan PBB-P2 diminta kepada Camat untuk berperan aktif agar target yang sudah ditetapkan masing-masing kecamatan dapat terealisasi.

Dalam rangka meningkatkan dan mengoptimalkan penerimaan PAD dari sektor pajak dan retribusi yang dikelola oleh SKPD pemungut Lingkup Pemkab Banjar, yang tadi baru saja telah dilakukan penandatanganan Perjanjian Kinerja untuk berkomitmen dengan sungguh-sungguh mengamankan target penerimaan Pajak dan Retribusi.

"Untuk itu, harus optimis bahwa apa yang telah ditetapkan dalam APBD baik belanja maupun pendapatan akan terealisasi, maka saya tekankan kepada semua SKPD pemungut dan camat untuk benar-benar melaksanakan apa yang telah dinyatakan dalam perjanjian kinerja yang telah ditandatangani tadi," katanya.

Lanjut pria yang akrab disapa Guru Khalil itu, penandatanganan komitmen ini, tidak hanya dimaknai sebagai kegiatan seremonial belaka, justru harus menjadi pemicu semangat semua pihak untuk dapat mewujudkan apa yang telah ditetapkan dalam APBD TA 2019 ini.

Dirinya pun meminta Sekretaris Daerah selaku Koordinator Pengelolaan Keuangan Daerah dan Kepala Badan Pendapatan Daerah selaku Koordinator Pendapatan untuk melakukan evaluasi secara berkala, terhadap capaian penerimaan pajak dan retrebusi daerah dan penerimaan daerah lainnya.

Guru Khalil mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua SKPD Pemungut dan pihak terkait, yang telah melaksanakan komitmennya dalam pemungutan PAD termasuk pendapatan lainnya, karena pada TA 2018 pendapatan telah terealisasi sebesar 105 persen, termasuk didalamnya PAD sebesar 109,58 persen atau Rp.189 miliyar. Keberhasilan ini adalah berkat kerjasama semua pihak yang berkomitmen melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya masing-masing. (AOL/*)

Penulis: Hasby
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved