Berita HSS

Cari 2 Orang Pembimbing Haji, Pemkab HSS Umumkan Seleksi Terbuka, Ini Syarat-syaratnya

Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, membuka peluang bagi warga HSS yang ingin menjadi tim pemandu haji daerah (TPHD) tahun 1440 hijriah, 2019.

Cari 2 Orang Pembimbing Haji, Pemkab HSS Umumkan Seleksi Terbuka, Ini Syarat-syaratnya
Banjarmasinpost.co.id/Hanani
Jemaah haji Hulu Sungai Tengah sebelum diberangkatkan diberikanpembekalan pada 2018 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, membuka peluang bagi warga HSS yang ingin menjadi tim pemandu haji daerah (TPHD) tahun 1440 hijriah, 2019.

Melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat, Senin (18/3/2019) dilakukan pengumuman terbuka untuk seleksi pemandi ibadah haji tersebut.

Sekretaris Daerah HSS, Hubriansyah, yang dikonfirmasi banjarmasinpost.co.id menjelaskan, sesuai jadwal,pendaftaran dan seleksi administrasi dimulai 15 sampai 22 Maret 2019 dan hasilnya diumumkan 25 Maret mendatang.

Mereka yang lulus seleksi adminitrasi mengikuti hahap selanjutnya, yaitu seleksi kompetensi tertulis di Aaula Rakat Mufakar dan dan seleksi wawancara di Sekretarisat MUI HSS.

Dua orang yang lulus dua tahap tersebut diambil dari rangking pertama dan kedua dan melakukan medical check up dirumah sakit umum pemeirntah daerah.

Baca: Polisi Gerebek Industri Rumahan Miras Palangkaraya, 4 Bulan Beroperasi Hasilkan Ratusan Juta

Baca: Ibu Ustadz Abdul Somad Meninggal Dunia Setelah Lakukan Kebiasaan Ini, UAS: Seperti yang Mak Inginkan

Baca: Kepala Bandara Kotabaru Tinggal Tunggu Rekomendasi Gubernur, Terkait Perpanjangan Runway

Jika dinyatakan sehat, diuslkan kepada Bupati HSS untuk ditetapkan sebagai TPHD. Sebaliknya, jika dinyatakan sehat, diganti dengan mereka yang berada di rangking di bawahnya, dengan prosedur yang sama harus dinyatakan sehat.

TPHD yang dinyatakanlulus, diminta melengkapi berkas pendaftaran pada 28-29 Maret 2019. Sedangkan pembekalan, menunggu jadwal Pemprov Kalsel.

DIjelaskan, TPHD bertugas membantu layanan bimbingan ibadah haji bagi para jemaah hari yang tahun 2019 ini diberangkatkan ke Tanah Suci sesuai giliran pada daftar tunggu. Pemberangkanan TPHD tersebut dibiaya sepenuhnya pemeirntah daerah.

Menurut Sekda, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi, meliputi syarat umum, yaitu sehat jasmani dan rohani. Diutamakan ulama, tokoh masyarakat, serta warga HSS yang dibuktikan dengan KTP.

Pendaftar juga tidak terlibat proses hukum, serta bersedia menandatangani Fakta Integritas. Sedangkan syarat khusus, usia minimal 30 tahun, maksimal 65 tahun pada saat mendaftar, sudah pernah berhaji.

Selanjutnya, komitmen terhada[ penyelenggaraan ibadah haji pemerintah, bisa membaca Al Quran dengan baik, memiliki kemampuan bidang peribadatan dan ilmu manasik serta kemampuan membimbing haji dan umrah.

Juga diutamakan bagi yang mampu berbahasa Arab dan Inggris serta diutamakan belum pernah bertugas sebagai TPHD, baik kabupaten/provinsi.

Disebutkan, pendaftaran bisa dilakukan di Bagian Kesra, Kantor Bupati HSS Jalan Pangeran ANtasari Nomor 1 Kandangan, dengan menyerahkan kelengkapan administrasi, yaitu surat permohonan, copy KTP serta akte kelahiran dan ijazah terakhir.

Hingga Senin (18/3/2019), menurut Kabag Kesra HSS M Thaha menyakan belum ada yang mendaftar. “Kalau yang bertanya-tanya konfirmasi persyaratan, ke kantor kami ada beberapa, dari kalangan ulama dan tokoh masyarakat. ,”kata Thaha.

(banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved