Berita Tanahbumbu

Disdikbud Tanbu Janji Lakukan Perbaikan, Puting Beliung Robohkan Ruang Kelas SDN 2 Sepunggur

pihak BPBD akan mengeluarkan rekomendasi ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) terkait proses pencairan dana kedaruratan.

Disdikbud Tanbu Janji Lakukan Perbaikan, Puting Beliung Robohkan Ruang Kelas SDN 2 Sepunggur
istimewa/bpbd Tanbu
Ruang belajar siswa di SDN 2 Sepunggur, Kecamatan Kusan Hilir, hampir rata dengan tanah akibat diterjang angin kencang, Sabtu (16/3/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID,BATULICIN - Kepala Bidang Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tanahbumbu Amiluddin menyatakan, dua ruang kelas di SDN 2 Sepunggur yang ambruk pascaditerjang puting beliung berapa hari lalu segeranya diperbaiki.

Menurut Amiluddin rencana rehab dua ruang belajar SDN 2 Sepunggur, hari ini pihaknya melakukan rapat pertemuan dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanahbumbu.

Bahkan pihak BPBD akan mengeluarkan rekomendasi yang akan disampaikan ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) terkait proses pencairan dana kedaruratan.

"BPBD tidak ada dana kedaruratan. Tapi adanya di BPKAD. Hari ini BPBD membuat surat rekomendasi," jelad Amiluddin kepada banjarmasinpost.co.id, Senin (18/3/2019).

Baca: Sosok Ibu Ustadz Abdul Somad yang Meninggal Dunia, Sering Dengar Ceramah UAS dan Curigai sang Anak

Maka dari itu, Amiluddin memastikan dua ruang kelas di SDN 2 Sepunggur yang rusak berat pascaterjangan puting beliung, dalam waktu dekat kembali bisa digunakan untuk proses belajar siswa.

"Pimpinan juga menginstruksikan agar secepatnya diperbaiki (rehab) kasihan anak-anak, apalagi mau ujian," katanya.

Puting beliung sapu atas ruang kelas SDN 2 Sepunggur, Kecamatan Kusan Hilir, Tanbu
Puting beliung sapu atas ruang kelas SDN 2 Sepunggur, Kecamatan Kusan Hilir, Tanbu (HO/BPBD Tanbu)

Selain menggunakan dana tanggap darurat, untuk perbaikan dan pembersihan ruang kelas dari puing-puing runtuhan bangunan. Diakui Amiluddin, pihaknya mendapatkan penawaran bantuan tenaga dari TNI.

"Dipastikan secepatnya diperbaiki. Konsultan saja mulai Sabtu kemarin sudah bekerja," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Kepala SDN 2 Sepunggur Lilis Rukayah yang dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, membenarkan dua ruang kelas di sekolahnya rusak diterjang puting beliung.

"Satu ruang kelas rusak parah. Tapi memang tidak bisa dipakai keduanya," ujar Lilis kepada banjarmasinpost.co.id.

Baca: Perubahan Skema PPnBM, Semakin Rendah Emisi, Semakin Rendah Pajak

Ditambahkan Lilis, pascaterjangan puting beliung merusak ruang belajar kelas 5 dan 6, dipastikannya proses belajar mengajar akan terganggung.

"Untuk saat ini saja kami kekurngan ruang kelas," ucap Lilis.

Menyiasati agar siswa khususnya kelas 5 dan 6 tetap bisa mengikuti pelajaran. Tidak ada cara lain, selain pihaknya kembali mengatur jam belajar.

"Jam pelajaran yang akan diatur. Mungkin ada yang akan masuk siang. Dari dinas pendidikan sudah ada yang meninjau," tandasnya.

(BANJARMASINPOST.co.id/helriansyah)

Penulis: Herliansyah
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved