Berita HSS

Mendulang Emas, Wahyu Temukan, Benda Antik Berbentuk Patung Wayang Berbahan Seperti Kuningan

Hasil temuan warga Desa Siam Gantung, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan itu pun dipostingnya ke media sosial.

Mendulang Emas, Wahyu Temukan, Benda Antik Berbentuk Patung Wayang Berbahan Seperti Kuningan
HO/Group WA INFOBNDHSS
Barang antik yang ditemukan Wahyu (28) Warga Desa Siam Gantung, Kecamatan Daha Barat Hulu Sungai Selatan, Sabtu 16 Maret 2019 saat mendulang emas. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Maksud hati ingin mendapatkan emas. Tapi, yang ditemukan M Wahyu (28), justru sebuah benda antik. Empat patung kecil berbentuk wayang terbuat dari bahan seperti kuningan dia temukan saat mendulang emas di sebuah lokasi pendulangan, Sabtu  16 Maret 2019, sekitar pukul 14.00 Wita.

Hasil temuan warga Desa Siam Gantung, Kecamatan Daha Barat, Kabupaten Hulu Sungai Selatan itu pun dipostingnya ke media sosial.

Banyak warga yang menduga, benda itu merupakan benda bersejarah. Hal itu  mengingat Daha, atau dikenal dengan Naraga yang menjadi wilayah HSS dulunya adalah daerah kerajaan.

Mengenai penemuan tersebut, Wahyu yang dihubungi  banjarmasinpost.co.id, Senin (18/3/2019) menjelaskan, berawal saat dia dan teman-temannya, pergi ke Tanjung Selor, lokasi yang sudah lama menjadi tempat pendulangan emas tempat ditemukannya patung wayang.

Baca: Saling Ejek di Media Sosial Berujung Duel Maut, Satu Pelajar Tewas Terkena Celurit

Lokasi tersebut merupakan areal lahan rawa yang jauh dari perumahan penduduk. Menurut Wahyu, jaraknya sekitar 40 kilometer dari desanya, dan untuk ke tempat itu dia menggunakan perahu ces.

“Sejak pagi saya mendulang,berharap mendapatkan emas. Tapi yang ketemu malah patung wayang tadi. Ketemunya di kedalaman sekitar satu meter,”tuturnya. Disebutkan, empat patung kecil berbentuk tokoh wayang tersebut ditemukan dengan jarak berdekatan.

Sekitar pukul 16.00 wita tak mendapatkan emas yang diharapkan, dia kemudian pulang ke desanya. Hasil temuan tersebut dia foto, lalu di posting kea kun sosial media miliknya. Para nitizen pun dibuat heboh, dan berharap pihak terkait melakukan penelitian ke lokasi tersebut. Sementara, benda temuan tersebut, sampai sekarang masih disimpan Wahyu di rumahnya.

“Banyak yang menghubungi saya. Tapi baru sekedar menanyakan soal penemuannya. Kalau ada yang minat membeli saya jual,”katanya.

Baca: Bukan Terkait Luna Maya, Syahrini & Reino Barack, Status Makan Teman Ivan Gunawan untuk Sosok Ini

Wahyu sendiri mengaku bekerja sebagai nelayan penangkap ikan, bercocok tanam, serta mandulang emas. Namun, untuk pekerjaan mendulang, dia baru sekali mencoba kemarin, hingga mendapatkan benda yang dinilai barang antik tersebut. Desa Siam Gantung di Kecamatan Daha Barat, hanya bisa dicapai lewar jalur air, dengan naik perahu sekitar satu jam.

 Sedangkan lokasi pendulangan emas tempat ditemukan benda yang ddiduga peinggalan sejarah tersebut juga hanya bisa dicapai lewat jalur air. Mengenai keberadaan pendulangan emas, menurut Wahyu lokasi itu sudah lama menjadi tempat warga mengadu nasib.

Meski lahan yang digarap di lokasi pandulangan tersebut berupa tanah liat campur pasir, menurutnya memang tempat itu ada emasnya. “Pernah teman saya dapat 12 gram,”katanya. (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved